Xi Jinping Rajut Kerja Sama Dengan Mesir, Saling Dukung Termasuk Masalah Xinjiang Dan Uighur

Presiden Xi Jinping/Net

Presiden China Xi Jinping melakukan pembicaraan telepon bersama mitranya dari Mesir, Abdel Fattah al-Sisi, pada Senin (22/2) waktu setempat.

Dalam percakapan tersebut, Xi mengatakan bahwa negaranya siap bekerja dengan Mesir untuk memperluas kerja sama di bidang-bidang seperti konstruksi infrastruktur, kapasitas produksi, dan sains dan teknologi, dan meningkatkan kemitraan strategis komprehensif mereka ke level baru.

"China selalu menempatkan Mesir pada posisi penting dalam kebijakan luar negerinya secara keseluruhan, dan merupakan teman dan mitra yang dapat diandalkan bagi Mesir," tegas Xi, seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (23/2).

"China mendukung upaya Mesir dalam menjaga kedaulatan nasional, kemerdekaan dan integritas teritorialnya, serta mendukung rakyat Mesir dalam mengejar jalur pembangunan yang sesuai dengan kondisi nasional mereka," ujarnya.

Sejak dimulainya pandemi Covid-19, kata Xi, China dan Mesir telah saling memberi pasokan darurat anti-epidemi, yang telah sepenuhnya menunjukkan persahabatan sejati mereka di saat-saat sulit.

"China siap bekerja dengan Mesir untuk meningkatkan kerja sama vaksin, memperkuat solidaritas internasional melawan Covid-19, dan mempromosikan pembangunan komunitas kesehatan global untuk semua," kata Xi.

Xi mengatakan, terlepas dari pandemi, kerja sama praktis China-Mesir telah mempertahankan momentum pembangunan yang baik, dengan proyek kerja sama besar bergerak maju secara tertib dan kemajuan positif telah dibuat dalam kerja sama di berbagai bidang seperti keamanan penegakan hukum dan kedirgantaraan.

"China dan Mesir harus lebih mensinergikan strategi pembangunan mereka dan mempromosikan kerja sama dalam kerangka Belt and Road Initiative," katanya.

Sementara itu, Sisi menyampaikan ucapan selamat yang hangat atas peringatan 100 tahun berdirinya Partai Komunis Tiongkok.

Tahun ini kerja sama Mesir-China memasuki usia 65 tahun sejak pertama kali keduanya menjalin hubungan diplomatik.

Menyoroti hal itu, Presiden Mesir mengatakan kedua negara menikmati persahabatan tradisional yang mendalam dan hubungan yang solid dan bersahabat, dan bekerja sama erat dalam urusan internasional, yang telah secara efektif mempromosikan kepentingan kedua negara.

"Mesir dengan tegas mendukung posisi berprinsip China pada masalah yang melibatkan Hong Kong, Xinjiang dan Taiwan, dengan tegas mendukung China menjaga kedaulatan nasional, keamanan dan persatuan, dan dengan tegas menentang campur tangan dalam urusan dalam negeri China dengan dalih hak asasi manusia," ujarnya.

Mesir, tambahnya, menyambut lebih banyak perusahaan China untuk berinvestasi dan berbisnis di Mesir dan siap melakukan upaya bersama dengan China untuk lebih meningkatkan kemitraan strategis komprehensif mereka.

Dalam kesempatan itu, Sisi berterima kasih kepada China karena telah memberikan dukungan yang berharga bagi Afrika dan negara-negara berkembang dalam perjuangan mereka melawan Covid-19, dan menyuarakan harapannya untuk kerja sama vaksin yang lebih dekat dengan China.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • Reshuffle Kabinet

Selasa, 13 April 2021
Video

Jendela Usaha • Laris Manis Saat Ramadhan Dengan Olahan Kolang Kaling

Rabu, 14 April 2021
Video

RMOL WORLD VIEW • Apa Kabar Asia Timur?

Rabu, 14 April 2021

Artikel Lainnya

Austria Hingga Finlandia Berlomba-lomba Jadi Tuan Rumah Pertemuan Biden Dan Putin
Dunia

Austria Hingga Finlandia Ber..

14 April 2021 17:47
Soal Proyek KF-X/IF-X, Pengamat: Korsel Paham Kesulitan Indonesia
Dunia

Soal Proyek KF-X/IF-X, Penga..

14 April 2021 17:12
Trudeau: Pandemi Covid-19 Kanada Masih Dalam Level Yang Sangat Serius
Dunia

Trudeau: Pandemi Covid-19 Ka..

14 April 2021 16:29
Kuba Kutuk Serangan Natanz, Menlu Rodriguez: Ini Dilakukan Penentang Pencabutan Sanksi AS
Dunia

Kuba Kutuk Serangan Natanz, ..

14 April 2021 16:02
Pilihan Terbaik Untuk Korea Utara Dan Korea Selatan Adalah Status Quo
Dunia

Pilihan Terbaik Untuk Korea ..

14 April 2021 15:57
Menlu Kuba Ucapkan Selamat Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan Bagi Umat Muslim
Dunia

Menlu Kuba Ucapkan Selamat M..

14 April 2021 15:34
Pengamat: Kanada Sengaja Ciptakan Citra Teror Tentang Xinjiang, Hasil Koordinasi Dengan AS
Dunia

Pengamat: Kanada Sengaja Cip..

14 April 2021 15:27
Utusan PBB Untuk Yaman: Hentikan Pertikaian, Biarkan Penduduk Beribadah Ramadhan Dengan Aman
Dunia

Utusan PBB Untuk Yaman: Hent..

14 April 2021 14:52