Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Senat Kukuhkan Linda Thomas-Greenfield Sebagai Dubes AS Untuk PBB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 24 Februari 2021, 10:04 WIB
Senat Kukuhkan Linda Thomas-Greenfield Sebagai Dubes AS Untuk PBB
Linda Thomas-Greenfield /Net
rmol news logo Diplomat senior Linda Thomas-Greenfield telah resmi menjabat sebagai duta besar AS untuk PBB, setelah mendapat konfirmasi Senat AS pada Selasa (23/2) waktu setempat.

Dari 100 anggota senat, sebanyak 78 suara mendukung Thomas-Greenfield pada sidang konfirmasinya, melebihi suara mayoritas yang dibutuhkan, seperti dilaporkan AFP

Setelah pengambilan sumpahnya, dia akan melakukan perjalanan ke New York dan diharapkan untuk menyerahkan surat kepercayaannya kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Kamis (25/2).

Thomas-Greenfield adalah diplomat veteran yang telah mengabdi selama 35 tahun Dinas Luar Negeri. Perempuan berusia 68 tahun itu juga telah bertugas di empat benua, terutama di Afrika.

Pencalonan Thomas-Greenfield sempat mendapat tentangan dari Partai Republik. Sebagai alasan, mereka mengacu pada pidato tahun 2019 yang dia berikan yang menurut beberapa orang, isi pidatonya mendukung Beijing.

Thomas-Greenfield dan pendukungnya menolak asumsi tersebut, mengutip beberapa dekade sebagai diplomat yang berusaha meningkatkan pengaruh AS dan melawan China.

Dukungan juga datang dari Senator Demokrat sekaligus ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat, Bob Menendez.

"Duta Besar Thomas-Greenfield memiliki sejarah panjang menyatakan penentangannya terhadap penggunaan taktik perangkap utang China dan kehadirannya yang semakin jahat di badan-badan pemerintahan dunia," ujarnya saat dia mendesak dukungan untuk sang diplomat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA