Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hidupkan Kembali Pariwisata, Uni Eropa Godok Pemberlakuan Paspor Vaksin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 25 Februari 2021, 09:26 WIB
Hidupkan Kembali Pariwisata, Uni Eropa Godok Pemberlakuan Paspor Vaksin
Seorang penumpang di Bandara Fiumicino, Roma/Reuters
rmol news logo Uni Eropa akan menggunakan sertifikasi vaksinasi Covid-19 untuk mendorong industri pariwisata kembali tumbuh menjelang periode liburan musim panas.

Sejak dilanda pandemi pada tahun lalu, negara-negara Uni Eropa memberlakukan lockdown untuk menghentikan penyebaran virus. Langkah itu menghantam ekonomi yang menyebabkan resesi terburuk.

Saat ini, banyak negara Uni Eropa telah memulai program vaksinasi Covid-19. Yunani dan Spanyol menjadi dua negara yang terus mendorong sertifikasi, mengingat mereka bergantung pada sektor pariwisata.

Di sisi lain, Prancis dan Jerman tampak tidak setuju karena akan memicu diskriminasi bagi mereka yang belum atau tidak mendapat suntikan vaksin.

Di Prancis, sentimen anti-vaksin sangat kuat dan pemerintah tidak mewajibkannya. Prancis menganggap paspor vaksin sebagai gagasan prematur.

Dimuat Reuters, masih diperlukan rincian pembahasan mengenai paspor vaksin. Para pemimpin Uni Eropa sendiri akan membahasnya pada Kamis (25/2).

"Kami menyerukan pekerjaan untuk melanjutkan pendekatan umum untuk sertifikat vaksinasi," kata draf pernyataan konferensi video para pemimpin Uni Eropa.

Para pejabat mengatakan Uni Eropa bekerja dengan Asosiasi Transportasi Udara Internasional, Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan, serta Organisasi Kesehatan Dunia.

Di sisi lain, WHO juga belum memberikan panduan apakah orang yang sudah mendapatkan dua suntikan vaksin masih bisa membawa virus corona dan menginfeksi orang lain.

"Masih banyak hal yang tidak kami ketahui. Kami membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencapai garis yang sama," kata seorang pejabat Uni Eropa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA