Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perang Antar Geng Di Empat Penjara Ekuador, 79 Tahanan Tewas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 25 Februari 2021, 10:08 WIB
Perang Antar Geng Di Empat Penjara Ekuador, 79 Tahanan Tewas
Ilustrasi/Net
RMOL Perang geng di empat penjara di Ekuador yang terjadi sejak Selasa (23.2) menimbulkan korban yang tidak sedikit. Jumlah total narapidana yang tewas sampai dengan Rabu (24/2) adalah sebanyak 79 orang. Mencatat sebagai kekerasan paling berdarah dalam sejarah penjara negara itu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Polisi menempatkan pasukannya di pusat-pusat penahanan di kota Guayaquil, Cuenca, dan Latacunga, di mana geng-geng itu bertempur dengan senjata buatan tangan.

Menteri Dalam Negeri Patricio Pazmiño mengatakan perjelahian itu telah diatur dan terkoordinasi.

Jenderal Edmundo Moncayo, kepala sistem penjara Ekuador (SNAI), mengatakan kepada wartawan bahwa kekerasan dipicu oleh persaingan memperebutkan kepemimpinan di masing-masing penjara itu, setelah bos geng terkemuka dan paling ditakuti bernama Los Choneros tewas. Bos Jorge Luis Zambrano dibunuh pada bulan Desember di sebuah pusat perbelanjaan di kota pelabuhan Manta di provinsi Manabi. Dia ditembak mati di kafetaria, hanya beberapa bulan setelah dia dibebaskan dari penjara.

"Berkat tindakan yang dilakukan antara lembaga ini dan pihak polisi, saat ini semuanya aman terkendali," kata Moncayo dalam sebuah pernyataan. Menegaskan bahwa tidak ada stafnya yang terluka dan korban tewas dalam pertempuran semuanya adalah tahanan.

"Kami terus mengumpulkan informasi tentang korban jiwa dan aspek lain yang terkait dengan bentrokan yang muncul," katanya.

Bentrokan berdarah itu membuat keluarga narapidana merasa was-was. Mereka menunggu di luar pagar penjara untuk mendapatkan informasi tentang orang yang mereka cintai. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA