Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perselisihan Mereda, Facebook Cari Kesepakatan Dengan Tiga Media Australia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 26 Februari 2021, 15:52 WIB
Perselisihan Mereda, Facebook Cari Kesepakatan Dengan Tiga Media Australia
Facebook melakukan kesepakatan dengan media Australia/Net
rmol news logo Perselisihan antara Facebook dan pemerintah Australia mereda setelah platform digital itu akhirnya mematuhi aturan baru yang diberlakukan Canberra.

Melalui pernyataan pada Jumat (26/2), Facebook mengumumkan telah menandatangani Letter of Intent (LoI) dengan tiga perusahaan media Australia untuk melakukan negosiasi pembayaran konten berita.

Tiga perusahaan tersebut adalah Private Media, Schwartz Media dan Solstice Media. Perjanjian komersial akan berlaku efektif dalam waktu 60 hari jika kesepakatan penuh ditandatangani.

"Perjanjian ini akan membawa daftar baru jurnalisme premium, termasuk beberapa konten berbayar sebelumnya, ke Facebook," kata perusahaan, seperti dikutip Reuters.

Namun Facebook sendiri tidak mengungkapkan rincian keuangan dari kesepakatan tersebut.

Beberapa hari sebelumnya, Selasa (23/2), Facebook membuat kesepakatan serupa dengan Seven West Media, yang memiliki jaringan televisi free-to-air dan surat kabar metropolis utama di kota Perth.

Australia menjadi negara pertama yang mengesahkan UU di mana arbiter pemerintah dapat menetapkan harga yang harus dibayarkan Google dan Facebook Alphabet Inc kepada outlet media atas penggunaan konten berita.

Sebelumnya, Facebook mengambil langkah penolakan. Pekan lalu, Facebook memblokir semua konten berita di Australia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA