Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mengenang 1 Maret 2008, PM Armenia Janjikan Tidak Akan Ada Lagi Bentrokan Sipil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 01 Maret 2021, 07:00 WIB
Mengenang 1 Maret 2008, PM Armenia Janjikan Tidak Akan Ada Lagi Bentrokan Sipil
Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan/Net
rmol news logo Perdana Menteri Nikol Pashinyan menegaskan Armenia harus kembali kepada demokrasi sipil. Menjelang rapat umum  peringatan kerusuhan berdarah 1 Maret yang akan dilangsungkan pada Senin (1/3), pemimpin yang tengah menghadapi tuntutan mundur itu mengatakan harus ada perlindungan terhadap tatanan konstitusi dan kekuatan rakyat  
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Pada hari simbolis 1 Maret, kita harus menegaskan kembali keteguhan publik untuk melindungi demokrasi sipil, tatanan konstitusional dan kekuatan rakyat di Republik Armenia," katanya, seperti dikutip dari Radio of Armenia, Minggu (28/2).
"Maksud saya, tentunya ini bukan perlindungan kekuasaan pemerintah ini atau kekuasaan saya, tetapi kekuasaan rakyat. Saya tidak punya kekuasaan di negeri ini, di sini kekuasaan itu milik orang-orang yang telah melimpahkannya kepada saya untuk jangka waktu tertentu,” ujar Pashinyan.
Peristiwa kelam 1 Maret 2008 tidak akan pernah ada lagi, begitu juga dengan bentrokan sipil, katanya.

Pashinyan dalam pidato yang disiapkannya untuk memperingati 1 Maret mengatakan, apa yang akan ia sampaikan merujuk pada 'upaya kudeta militer' yang terus-terusan menyerangnya. Ia juga akan membahas keputusan presiden Armenua yang menolak menandatangani usulannya agar memecat Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata, dengan menyebutnya sebagai 'tidak dapat dipahami'.

Sepuluh orang tewas saat bentrok dengan polisi pada 1 Maret 2008. Pertempuran terjadi di Mardakert dan beberapa kota lainnya yang dipicu atas protes pemilihan umum Armenia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA