Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Moon Jae-in Berharap Olimpiade Tokyo Jadi Momentum Perdamaian Semenanjung Korea

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 01 Maret 2021, 10:07 WIB
Presiden Moon Jae-in Berharap Olimpiade Tokyo Jadi Momentum Perdamaian Semenanjung Korea
Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in saat menghadiri perayaan Hari Gerakan Kemerdekaan di Tapgol Park, Seoul pada 1 Maret 2021/Yonhap
rmol news logo Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in menyatakan harapannya agar Olimpiade Tokyo 2020 yang akan digelar musim panas tahun ini menjadi momentum untuk membuka kembali pembicaraan dengan Korea Utara.

Harapan itu diungkap Moon saat berpidato untuk memperingati Hari Gerakan Kemerdekaan ke-102 pada Senin (1/3), seperti dikutip Yonhap.

Moon mengatakan Korea Selatan akan bekerja sama untuk keberhasilan Olimpiade Tokyo yang akan digelar pada 23 Juli hingga 8 Agutus. Itu lantaran momen Olimpiade Tokyo dapat dijadikan kesempatan untuk membuka kembali dialog antara Korea Utara, Korea Selatan, AS, dan Jepang yang terhenti.

Lebih lanjut, Moon menegaskan komitmennya untuk membantu kemitraan trilateral antara Korea Selatan, Amerika Serikat (AS), dan Jepang.

Meski hubungan antara Seoul dan Tokyo diwarnai perselisihan sejarah, namun Moon yakin keduanya dapat bekerja sama untuk mencapai perdamaian kawasan.

"Kerja sama bilateral akan membantu kedua negara, stabilisasi dan koprosperitas di Asia Timur Laut dan juga akan membantu kerja sama trilateral antara Korea Selatan, AS dan Jepang," katanya.

Moon juga berjanji akan terus berupaya mencapai denuklirisasi Korea dan perdamaian abadi. Ia pun berharap agar Korea Utara dapat berpartisipasi dalam "Prakarsa Kerja Sama Asia Timur Laut" yang dimaksudkan untuk mempromosikan kemitraan melawan krisis kesehatan masyarakat seperti Covid-19.

"Ini akan berfungsi sebagai kekuatan untuk membuka pintu bagi kemakmuran dan perdamaian bersama di Semenanjung Korea dan Asia Timur," tekannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA