Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fregat Admiral Grigorovich Rusia Tiba Di Sudan, Siap Dirikan Pangkalan Di Pantai Laut Merah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 01 Maret 2021, 11:37 WIB
Fregat Admiral Grigorovich Rusia Tiba Di Sudan, Siap Dirikan Pangkalan Di Pantai Laut Merah
Fregat 'Admiral Grigorovich/Net
rmol news logo Kapal perang milik Rusia, fregat 'Admiral Grigorovich' telah memasuki pelabuhan Sudan di mana Moskow berencana untuk membangun pangkalan angkatan laut di pantai Laut Merah negara itu.

Laporan tersebut pertama kali diberitakan oleh kantor berita Rusia Interfax Minggu (28/2).

"Itu adalah kapal perang Rusia pertama yang memasuki Port Sudan," kata Interfax mengutip pernyataan armada Rusia, seperti dilaporkan AFP, Senin (1/3).

November lalu, Rusia mengumumkan kesepakatan yang menguraikan rencana pembuatan 'pusat dukungan logistik' yang akan didirikan di Sudan. Tujuan pendirian pangkalan tersebut dimaksudkan sebagai tempat perbaikan dan suplai operasi, juga akan berfungsi sebagai tempat istirahat untuk anggota awak.

Menurut rincian yang dipublikasikan di situs web pemerintah Rusia, kapasitas fasilitas angkatan laut yang akan berdiri di pinggiran utara Port Sudan tersebut akan dibatasi pada 300 personel militer dan sipil serta empat kapal, termasuk kapal bertenaga nuklir.

Selain itu, Rusia juga akan mendapatkan hak untuk mengangkut senjata, amunisi dan peralatan melalui pelabuhan dan bandara Sudan yang dibutuhkan agar pangkalan itu berfungsi.

Kesepakatan itu dijadwalkan berlangsung selama 25 tahun, selama tidak ada pihak yang keberatan dengan pembaruannya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Moskow mengalihkan pandangannya ke Afrika saat memperbarui pengaruh geopolitiknya. Mereka juga telah membujuk Sudan dengan kerja sama militer dan nuklir sipil.

Kedua negara juga telah menandatangani kesepakatan antara angkatan bersenjata pada Mei 2019 yang akan berlangsung selama tujuh tahun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA