Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sebelum Semua Orang Amerika Disuntik, AS Enggan Berbagi Vaksin Dengan Meksiko

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 02 Maret 2021, 08:36 WIB
Sebelum Semua Orang Amerika Disuntik, AS Enggan Berbagi Vaksin Dengan Meksiko
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) tampak mengesampingkan kemungkinan untuk berbagi vaksin Covid-19 dengan negara tetangganya, Meksiko. Alih-alih, Washington menegaskan akan fokus untuk memenuhi kebutuhan populasinya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki pada Senin (1/3), sebelum Presiden Joe Biden melakukan pertemuan daring dengan Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador.

"Fokus administrasi adalah memastikan bahwa setiap orang Amerika divaksinasi. Dan begitu kami mencapai tujuan itu, kami dengan senang hati mendiskusikan langkah-langkah selanjutnya," ujar Psaki, seperti dikutip Reuters.

Kepada wartawan, Biden mengatakan akan membahas masalah tersebut dengan Lopez Obrador. Tetapi dalam pernyataan resmi setelah pertemuan tidak disebutkan mengenai distribusi vaksin.

Biden sendiri telah memperkirakan AS akan memiliki cukup pasokan vaksin pada akhir Juli untuk menyuntik semua orang Amerika.

Data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menunjukkan, otoritas telah memberikan 76,9 juta dosis vaksin hingga saat ini. Itu cukup untuk menyuntik dua dosis bagi 23 persen populasi.

Sementara itu, Meskiko jauh tertinggal. Meksiko telah mendistribusikan 2,5 juta dosis vaksin untuk sekitar 1 persen populasi.

Melalui konferensi pers sebelum pertemuan, Lopez Obrador mengungkap, ia akan meminta Biden untuk meminjamkan pasokan vaksin. Di mana Meksiko akan membayar kembali setelah mendapat kiriman pesanan mereka. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA