Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Blinken: China Adalah Ujian Terbesar, AS Siap Menghadapi Kapan Saja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 04 Maret 2021, 06:25 WIB
Blinken: China Adalah Ujian Terbesar, AS Siap Menghadapi Kapan Saja
Menteri Luar Negeri Antony Blinken /Net
rmol news logo Amerika Serikat masih dan tetap akan menganggap China sebagai musuh yang kuat. Bahkan, Menteri Luar Negeri Antony Blinken menyebutnya sebagai 'ujian geopolitik terbesar' abad ini dan AS siap menghadapi China kapan saja.

Namun begitu, ia juga mengakui bahwa AS bisa berkolaborasi dengan China di waktu-waktu tertentu.

"Kami akan mengelola ujian geopolitik terbesar abad ke-21, yaitu hubungan kami dengan China," kata Blinken  di Departemen Luar Negeri pada Rabu (3/3), seperti dikutip dari AFP.

"China adalah satu-satunya negara dengan kekuatan ekonomi, diplomatik, militer, dan teknologi, yang secara serius menantang sistem internasional yang stabil dan terbuka. Hubungan kami dengan China akan kompetitif pada saat yang seharusnya, bisa kolaboratif dan bisa juga  bermusuhan. Kami akan melibatkan China dari posisi yang kuat," katanya,

Apa yang dikatakan Blinken senada dengan pandangan Washington sejak era Donald Trump yang bersama diplomat utamanya Mike Pompeo memandang China sebagai lawan tangguh dan akan menghukum Beijing atas pandemi dan praktik perdagangan.

Blinken juga berjanji akan memperjuangkan hak-hak Hong Kong dan etnis Uighur. Jika masalah itu tidak segera ditangani maka dikhawatirkan China akan bertindak dengan impunitas yang lebih besar.

Ada banyak yang bertentangan dengan China, tetapi Blinken mengatakan pemerintahan Biden bisa saja menjadikan hal itu sebagai sesuatu yang lebih efektif dengan menjalin kerja sama. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA