Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Blinken Anggap China Musuh Besar, Wang Wenbin Sarankan AS Tinggalkan Mentalitas Zero-sum

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 05 Maret 2021, 07:36 WIB
Blinken Anggap China Musuh Besar, Wang Wenbin Sarankan AS Tinggalkan Mentalitas Zero-sum
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin/Net
rmol news logo Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin menanggapi pidato terbaru Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken tentang hubungan China-AS.

Dalam pidatonya pada Rabu (3/3), Blinken menyebut China sebagai 'ujian geopolitik terbesar' abad ini, dan AS siap menghadapinya kapan saja.

Menanggapi pernyataan tersebut, Wang mengatakan, bahwa pembangunan China adalah kontribusi bagi perdamaian dan pembangunan dunia, jadi bukan sebuah tantangan apalagi ancaman seperti yang dikatakan Blinken.

"China berkomitmen untuk mengembangkan hubungan dengan AS yang menampilkan non-konflik, non-konfrontasi, saling menghormati dan kerja sama. China akan terus menjaga kedaulatan nasional, keamanan dan kepentingan pembangunan," kata Wang, seperti dikutip dari Global Times, Kamis (4/3).

Wang juga meminta AS agar selalu memandang hubungan China-AS secara obyektif dan segera meninggalkan mentalitas 'zero-sum' yang artinya satu pihak dapat manfaat dan yang lain tidak.

"China berharap AS akan memandang hubungan China dan China-AS secara obyektif dan rasional, mengikuti tren waktu, meninggalkan 'mentalitas zero-sum' yang sudah ketinggalan zaman," ujar Wang.

Selain itu, Wang juga meminta AS agar mengadopsi kebijakan rasional dan pragmatis terhadap China dan membawa hubungan China-AS kembali ke jalur yang benar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA