Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Uni Eropa Blokade Pengiriman Vaksin AstraZeneca Ke Australia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 05 Maret 2021, 10:47 WIB
Uni Eropa Blokade Pengiriman Vaksin AstraZeneca Ke Australia
Vaksin AstraZeneca/Net
rmol news logo Uni Eropa memblokir pengiriman lebih dari seperempat juta vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca dan Universitas Oxford ke Australia, sebagai bagian dari sistem kontrol ekspor.

CBC News pada Jumat (5/3) melaporkan, pemblokiran itu dilakukan atas permintaan Italia, dan disetujui oleh Uni Eropa.

Kementerian Luar Negeri Italia telah menyatakan keberatannya atas pengiriman vaksin ke Australia karena kurangnya pasokan di Uni Eropa.

Selain itu, jika mempertimbangkan jumlah pengiriman, dikatakan pemblokiran lebih dari 250. 700 dosis vaksin Covid-19 ke Australis tidak akan membuat negara itu rentan.

Laporan pemblokiran vaksin itu pertama kali dilaporkan Financial Times pada Kamis malam (4/3). Dilaporkan bahwa Italia telah memberi tahu pihak AstraZenec pada Selasa (2/3).

Sejak memulai kampanye vaksinasi pada akhir Desember, Uni Eropa dihadapkan pada kekhawatiran kekurangan pasokan vaksin. Terlebih banyak perusahaan telah melakukan kesepakatan dengan negara lain.

Uni Eropa juga dibuat kesal dengan AstraZeneca yang mengirim pasokan vaksin jauh lebih sedikit dari yang dijanjikan dari pesanan awal berjumlah 80 juta dosis pada kuartal pertama.

Sehingga pada akhir Januari, Uni Eropa mengeluarkan sistem kontrol ekspor untuk vaksin Covid-19. Sistem itu memaksa produsen untuk menghormati kewajiban mereka memenuhi kebutuhan untuk blok.

Sistem kontrol itu telah membuat khawatir Kanada yang diperkirakan akan mendapatkan pasokan vaksin.

Namun Komisi Eropa mengisyaratkan bahwa kontrol ekspor hanya akan diberlakukan dalam kasus yang sangat terbatas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA