Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah Hampir 12 Jam Rapat, Senat AS Sahkan RUU Bantuan Covid-19 Senilai 1,9 Triliun Dolar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 07 Maret 2021, 09:23 WIB
Setelah Hampir 12 Jam Rapat, Senat AS Sahkan RUU Bantuan Covid-19 Senilai 1,9 Triliun Dolar
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden/Net
rmol news logo Senat Amerika Serikat (AS) akhirnya mengesahkan RUU bantuan Covid-19 senilai 1,9 triliun dolar AS yang diajukan Presiden Joe Biden. Itu merupakan satu paket stimulus terbesar sepanjang sejarah AS.

Setelah sesi sepanjang malam, Senat memberikan suara 50-49, dengan tanpa suara Republik yang mendukung pada Sabtu (6/3), seperti dikutip AFP.

Sesi pertemuan itu juga menjadi pemungutan suara pertama untuk AS era modern, yaitu hingga 11 jam dan 50 menit. Proses berakhir ketika ada kompromi mengenai tunjangan pengangguran yang dapat memuaskan Senator Joe Manchin yang kerap sering "berjalan di atas tali yang rumit" bagi seorang Demokrat.

Senat Demokrat menggunakan proses yang disebut rekonsiliasi untuk meloloskan keputusan dengan mayoritas sederhana daripada dua pertiga dari 100 suara yang biasanya diperlukan di bawah aturan.

Namun pertarungan belum berakhir karena RUU harus kembali ke DPR, yang menyetujui versi yang sedikit berbeda seminggu sebelumnya, seperti dimuat Associated Press.

RUU paket bantuan itu termasuk 400 miliar dolar AS, dengan satu kali bantuan sebesar 1.400 dolar AS kepada mayoritas orang Amerika. Sebesar 300 dolar AS per pekan untuk tunjangan pengangguran, di mana aa 9,5 juta orang yang kehilangan pekerjaan selama Covid-19.

Selain itu, ada pula bantuan sebesar 350 miliar dolar AS untuk pemerintah negara bagian dan lokal.

RUU bantuan Covid-19 merupakan prioritas bagi Biden sejak awal memegang jabatan pada 20 Januari 2021. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA