Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Ashraf Ghani: Kami Siap Bahas Pemilu Bersama Taliban

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 07 Maret 2021, 09:52 WIB
Presiden Ashraf Ghani: Kami Siap Bahas Pemilu Bersama Taliban
Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani/Reuters
rmol news logo Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menyatakan kesiapannya untuk berdialog damai dengan Taliban, di mana Kabul siap membahas penyelenggaraan pemilu baru dan proses transisi kekuasaan secara demokrasi.

Hal itu disampaikan Ghani kepada anggota parlemen saat pembukaan sidang di Kabul pada Sabtu (6/3), seperti dikutip Reuters.

"Transfer kekuasaan melalui pemilu adalah prinsip yang tidak bisa dinegosiasikan bagi kami," ujar Ghani.

"Kami siap berdiskusi tentang penyelenggaraan pemilu yang bebas, adil dan inklusif di bawah naungan komunitas internasional. Kami juga dapat berbicara tentang tanggal pemilihan dan mencapai kesimpulan," tambahnya.

Sepekan sebelumnya, Ghani dilaporkan telah bertemu dengan utusan khusus Amerika Serikat (AS) untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad di Kabul untuk membahas negosiasi damai yang macet di Doha, Qatar.

Menurut pejabat Afghanistan, Khalilzad telah melontarkan gagasan untuk membentuk pemerintahan sementara. Tapi Ghani mengatakan satu-satunya cara untuk membentuk pemerintahan harus melalui pemilihan.

"Saya menyarankan mereka yang pergi ke gerbang ini atau itu untuk mendapatkan kekuasaan adalah bahwa kekuatan politik di Afghanistan memiliki gerbang, dan kuncinya adalah suara rakyat Afghanistan," tegas Ghani.

“Setiap institusi dapat menulis fantasi di selembar kertas dan menyarankan solusi untuk Afghanistan. Makalah ini telah ditulis di masa lalu dan akan ditulis di masa mendatang. Jaminan kami adalah konstitusi kami,"  jelasnya.

Meski di tengah proses dialog damai, namun kekerasan dan pembunuhan di Afghanistan justru meningkat. Pejabat keamanan mengatakan, Taliban sudah menguasai sebagian besar daerah pedesaan, dan mencari dukungan ke kota-kota sekitar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA