Farah.ID
Farah.ID

Koalisi Saudi Hancurkan Drone Bersenjata Kiriman Houthi

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 07 Maret 2021, 14:39 WIB
Koalisi Saudi Hancurkan Drone Bersenjata Kiriman Houthi
Serangan Koalisi Saudi di ibukota Yaman, Sanaa pada 16 Juni 2020/AFP
Koalisi pimpinan Saudi mengumumkan telah menghancurkan lima drone bersenjata yang diluncurkan oleh Houthi untuk melakukan serangan.

Dilaporkan oleh saluran televisi Al Ekhbariyah dan Al Arabiya pada Minggu (7/3), koalisi mendeteksi beberapa drone yang ditembakkan oleh Houthi. Tteapi tidak jelas berapa jumlahnya atau ke mana arah drone itu diluncurkan.

Koalisi mengatakan pada Sabtu pagi (6/3), mereka telah mencegat tujuh drone Houthi yang diluncurkan menuju Khamis Mushait dan satu menembak ke arah Jazan, keduanya di selatan, dalam 24 jam terakhir, seperti dikutip Reuters.

Pada 2014, Houthi menggulingkan pemerintah dan saat ini mengusai sebagian besar wilayah Yaman di utara. Mereka disebut mendapatkan dukungan dari Iran, meski telah menyangkalnya.

Koalisi militer pimpinan Saudi sendiri melakukan intervensi dalam perang saudara Yaman sejak Maret 2015.

Dalam beberapa waktu terakhir, pertempuran di antara kedua pihak kian memanas, khususnya di wilayah Marib dan Taiz.

Badan amal medis Medecins Sans Frontieres pada Jumat (5/3) mengatakan, rumah sakit Al-Thawra di Taiz telah merawat 28 orang yang terluka dalam bentrokan hebat sejak Rabu (3/3). Bahkan rumah sakit juga ikut terkena sasaran tembak, melukai tiga orang, termasuk seorang anak laki-laki berusia 12 tahun.

ARTIKEL LAINNYA