Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Identifikasi Tiga Outlet Yang Dikendalikan Rusia Sebar Disinformasi Vaksin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 08 Maret 2021, 10:05 WIB
AS Identifikasi Tiga Outlet Yang Dikendalikan Rusia Sebar Disinformasi Vaksin
Vaksin Covid-19/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) melaporkan telah mengidentifikasi tiga publikasi online yang terkait dengan dinas intelijen Rusia untuk menyebarkan disinformasi seputar vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Pfizer dan Moderna.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Jurubicara Departemen Luar Negeri pada Minggu (7/3) mengatakan tiga outlet publikasi itu telah menyebarkan banyak jenis disinformasi, termasuk tentang vaksin Pfizer dan Moderna, serta organisasi internasional, konflik militer, protes, dan masalah memecah belah yang dapat mereka eksploitasi.

Jurubicara itu menyebut, Pusat Keterlibatan Global Departemen Luar Negeri yang dibentuk untuk melawan kampanye propaganda dan disinformasi telah mengidentifikasi tiga outlet tersebut.

Tiga outlet itu adalah News Front dikendalikan oleh layanan keamanan federal Rusia, serta New Eastern Outlook dan Oriental Review yang diarahkan dan dikendalikan oleh dinas intelijen luar negeri Rusia.

Outlet keempat, Rebel Inside, yang dikendalikan oleh tentara Rusia, juga disebutkan oleh pusat tetapi sebagian besar tidak aktif.

"Departemen akan terus mengekspos aktivitas jahat Rusia secara online. Kami juga akan terus bekerja sama dengan sekutu dan mitra kami untuk memberikan tanggapan global dalam melawan disinformasi," ujar juru bicara tersebut.

Rusia telah menyetujui vaksin Sputnik V pada Agustus, sebelum uji coba skala besar dimulai. Uji coba yang ditinjau oleh rekan sejawat menunjukkan, Sputnik V memiliki efektivitas hampir 92 persen untuk memerangi virus. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA