Belajar Dari RRD Korea, Kesehatan Masyarakat Yang Gratis Tanpa Diskriminasi

Pengecekan suhu untuk mencegah penularan Covid-19/AFP

Kesehatan masyarakat merupakan kriteria utama dan citra dari negara dengan sistem sosialis. Hal itu juga yang dirasakan di Republik Rakyat Demokratik (RRD) Korea.

Beberapa pelayanan kesehatan masyarakat yang sangat dirasakan adalah dokter distrik, di mana para dokter mengunjungi distrik pemukiman untuk mempromosikan kesehatan masyarakat. Selain itu, ada pula sistem perlindungan kesehatan untuk anak dan perempuan, sistem jaminan sosial, sistem telemedicine, dan layanan bantuan pertama.

RRD Korea telah menerapkan kebijakan perawatan medis gratis bagi masyarakat tanpa diskriminasi. Semua dijamin oleh Konstitusi Sosialis dan Hukum Kesehatan Masyarakat.

Mulai dari pekerja, petani, tentara dan intelektual menikmati manfaat perawatan kesehatan gratis tanpa memandang jenis kelamin, usia, tempat tinggal, pekerjaan dan kuantitas serta kualitas pekerjaan yang dilakukan.

"Mereka yang menyaksikan realita RRD Korea mengatakan: Pelayanan kesehatan universal gratis di RRD Korea memang sebuah kebijakan besar yang hanya bisa ditemukan dalam masyarakat ideal umat manusia. Sistem kesehatan masyarakat di RRD Korea adalah contoh bagi seluruh dunia," begitu keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (9/3).

Hal lain yang membuat pelayanan kesehatan masyarakat di RRD Korea menarik adalah karena negara melindungi dan memajukan kesehatan masyarakat dengan pencegahan penyakit, alih-alih mengobati.

RRD Korea telah banyak menginvestasikan uang untuk mencegah penyakit, memastikan kondisi higienis, dan budaya serta lingkungan untuk hidup dan bekerja sambil memperhatikan pekerjaan anti-epidemi.

Di bawah sistem dokter distrik, dokter memastikan bahwa pekerja berpartisipasi dalam pemeriksaan kesehatan dan inokulasi secara sukarela. Langkah itu dapat mendeteksi penyakit pada waktunya untuk pencegahan medis dan pengobatan yang sesuai.

Setelah penyakit epidemi pecah, garis anti-epidemi yang menyeluruh dibuat untuk mencegah penyebarannya. Institut Tumor Payudara di bawah Rumah Sakit Bersalin Pyongyang, Rumah Sakit Anak Okryu, dan fasilitas layanan medis lainnya berkontribusi untuk melindungi kesehatan anak-anak dan wanita.

"Bukan karena negara ini lebih kaya dari negara lain tetapi karena negara ini menghargai kehidupan dan kesehatan rakyatnya lebih dari apapun," lanjut keterangan tertulis itu.

Upaya lain yang dilakukan adalah mengatur jadwal penerbangan pesawat hingga keberangkatan kereta. RRD Korea juga meningkatkan investasi kesehatan masyarakat setiap tahunnya, 6 persen pada 2018 dan 5,8 persen untuk 2019.

Kolom Komentar


Video

Ketika Anies Baswedan Mempengaruhi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)

Minggu, 18 April 2021
Video

RMOL World View • Antara AS, Iran Dan Israel

Senin, 19 April 2021
Video

Rekaman CCTV Anggota Brimob Tewas Dikeroyok

Senin, 19 April 2021

Artikel Lainnya

Beijing: Invasi Jepang Ciptakan Malapetaka Besar Bagi Negara-negara Asia, Terutama China
Dunia

Beijing: Invasi Jepang Cipta..

20 April 2021 06:22
Hadiri World Tour Contact-Free, Dubes Umar Hadi: Jangan Hanyut Dengan Corona Blues
Dunia

Hadiri World Tour Contact-Fr..

20 April 2021 04:43
Annalena Baerbock, Kandidat Kuat Pengganti Angela Merkel Di Kursi Kanselir Jerman
Dunia

Annalena Baerbock, Kandidat ..

19 April 2021 23:21
PM Pakistan Ajak Negara Mayoritas Muslim Satu Suara Untuk Kriminalisasi Penistaan Terhadap Islam
Dunia

PM Pakistan Ajak Negara Mayo..

19 April 2021 22:53
Uni Eropa Jatuhkan Sanksi Segar, 10 Pejabat Junta Militer Dan 2 Perusahaan Myanmar Jadi Target
Dunia

Uni Eropa Jatuhkan Sanksi Se..

19 April 2021 21:55
Akhirnya Rusia Pindahkan Alexei Navalny Ke Rumah Sakit
Dunia

Akhirnya Rusia Pindahkan Ale..

19 April 2021 20:30
Gembong Primadjaja Akan Bantu Maksimal Alumni ITB Yang Ditangkap Polisi Korea Selatan
Dunia

Gembong Primadjaja Akan Bant..

19 April 2021 19:36
Polisi Korea Selatan Tangkap Alumni ITB, Tersangkut Kasus Transaksi Elektronik
Dunia

Polisi Korea Selatan Tangkap..

19 April 2021 19:19