Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Blinken: AS Akan Tetap Melanjutkan Bantuan Untuk Lebanon

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 11 Maret 2021, 08:27 WIB
Blinken: AS Akan Tetap Melanjutkan Bantuan Untuk Lebanon
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken/Net
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan bahwa di bawah Joe Biden, pemerintah Amerika Serikat berjanji untuk tetap mempertahankan dukungannya terhadap tentara Lebanon.

Bersaksi di depan Komite Urusan Luar Negeri DPR pada Rabu (10/3), Blinken mengutip perjalanan pada 2009 ke Lebanon bersama Biden, yang saat itu menjabat sebagai wakil presiden Barack Obama.

"Kami, pada dasarnya, menyampaikan beberapa bantuan keamanan yang sangat dibutuhkan kepada Angkatan Bersenjata Lebanon untuk menggarisbawahi komitmen itu," ungkapnya, seperti dikutip dari Al-Arabiya, Kamis (11/3).

Ditanya apakah dia bermaksud untuk melanjutkan dukungan untuk tentara Lebanon serta universitas di negara itu, Blinken dengan cepat menjawab: "Ya!"

Diplomat tertinggi AS itu juga ditanyai tentang rencana untuk melanjutkan dukungan bagi kamp-kamp pengungsi 'yang mendominasi' Lebanon. "Ya, tentu saja. Beban yang dilakukan negara-negara ini luar biasa," kata Blinken.

Saat ini, Lebanon diperkirakan menampung lebih dari 1 juta pengungsi Suriah. Sekitar 400.000 pengungsi Palestina juga diketahui tinggal di negara itu.

Panglima militer Lebanon, Jenderal Joseph Aoun, memperingatkan awal pekan ini bahwa 'ledakan sosial' akan segera terjadi di negaranya itu. Aoun menegur elit politik karena gagal mencegah krisis ekonomi dan keuangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara itu, serta pemotongan anggaran militer tahunan.

Sumber-sumber keamanan mengatakan kepada Al Arabiya bahwa ada peningkatan signifikan dalam jumlah tentara yang meminta cuti dalam beberapa bulan ke depan, sementara lebih banyak komandan senior menuntut pensiun dini.

Dan ketika moral tentara -yang dipandang sebagai salah satu pilar utama stabilitas Lebanon selama bertahun-tahun dan sekutu utama AS dalam perang melawan terorisme- menurun, ada kekhawatiran atas situasi keamanan di Lebanon.

Tentara Lebanon adalah salah satu yang pertama di kawasan itu yang berhasil mengalahkan dan mengusir ISIS dari perbatasannya. Namun, sel tidur kelompok militan itu tetap menjadi ancaman.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA