Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Kritik Lagi Laporan BBC Usai Berselisih Dengan Dubes Inggris

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 11 Maret 2021, 12:59 WIB
China Kritik Lagi Laporan BBC Usai Berselisih Dengan Dubes Inggris
China mengkritik laporan BBC yang dianggap tidak objektif/Net
rmol news logo China mengkritik lagi laporan yang diterbitkan oleh BBC baru-baru ini yang dianggap tidak berdasar.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kedutaan Besar China di London pada Kamis (11/3) mengunggah pernyataan telah mengirim surat kepada BBC untuk menyatakan ketidakpuasan yang kuat. Kedutaan juga mendesak agar penyiar tidak bias dan memberikan laporan yang objektif, adil, dan seimbang.

Dalam suratnya, Kedutaan Besar China menyoroti laporan BBC Radio 4 berjudul “The Disinformation Dragon” yang ditayangkan pada Selasa (9/3). Laporan itu dianggap telah memberikan tuduhan tidak berdasar terhadap China atas masalah yang terkait, informasi, Covid-19, dan diplomasi.

“China selalu menjadi negara dengan kesopanan dan sangat menghargai harmoni. Kami tidak pernah menjadi orang yang memulai provokasi dan tidak ada niat untuk campur tangan dalam urusan internal negara lain. Yang lain terus mencampuri urusan dalam negeri kita dan mencoreng China," kata surat itu, seperti dikutip AP.

Sebelumnya, pada Selasa, Kementerian Luar Negeri China memanggil Duta Besar Inggris di Beijing, Caroline Wilson atas artikel yang diunggahnya di mikroblog kedutaan. Wilson menyebut laporan media tentang China tidak menyiratkan kebencian atau tidak menghormati negara tersebut.

Namun jurubicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian pada Rabu (10/3) mengatakan artikel Wilson mencerminkan prasangka ideologis.

"Artikel Duta Besar Wilson, dengan logika yang membingungkan, menghindari semua fakta, termasuk disinformasi media Inggris dan pelaporan palsu tentang China," kata Zhao.

Zhao juga menuduh Wilson mengabaikan tuduhan penindasan terhadap media China di Barat.

Di Twitter, Wilson memberikan tanggapan dengan menyebut media Inggris ikut mendukung publikasi dari Kedutaan China.

Ketegangan antara Inggris dan China terkait dengan media telah terjadi sejak bulan lalu. China mengkritik pelaporan BBC atas berbagai masalah sensitif, termasuk minoritas Muslim di Xinjiang hingga Hong Kong. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA