Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Segera Menyidangkan Kasus Dua Warga Kanada Yang Dituduh Melakukan Spionase

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 12 Maret 2021, 07:45 WIB
China Segera Menyidangkan Kasus Dua Warga Kanada Yang Dituduh Melakukan Spionase
Pendukung tahanan Kanada Michael Spavor dan Michael Kovrig di luar sidang ekstradisi Meng Wanzhou Huawei Technologies pada 2019/Net
rmol news logo Setelah ditahan selama dua tahun lamanya, pemerintah China akan segera mengadili dua warga negara Kanada Michael Kovrig dan Michael Spavor, yang dituntut atas dugaan kejahatan yang merusak keamanan nasional China pada Juni 2020.

Informasi tersebut disampaikan sumber yang dekat dengan masalah tersebut kepada media yang didukung pemerintah China, Global Times, pada hari Kamis (11/3) waktu setempat.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China sendiri telah menegaskan kembali status kedua kasus yang dihadapi Kovrig dan Spavor, dan otoritas peradilan China telah merilis informasi tentang kasus tersebut.

Kovrig dituduh telah menggunakan paspor biasa dan visa bisnis untuk memasuki Tiongkok guna mencuri informasi sensitif dan intelijen melalui kontak di Tiongkok sejak 2017, sementara Spavor dituduh sebagai sumber intelijen utama Kovrig.

Keduanya dicurigai melakukan kejahatan yang membahayakan keamanan nasional China.

Sebelumnya, sumber lain mengatakan bahwa penundaan sidang kedua warga Kanada itu terjadi karena situasi pandemi Covid-19.

"Kedua terdakwa Kanada itu akan diadili sesuai dengan hukum," kata sumber itu.

Penangkapan kedua warga Kanada terjadi tak lama setelah penangkapan Kepala Keuangan Huawei Technology, Meng Wanzhou. Meng ditangkap pihak Kanada dengan surat perintah dari Amerika dengan tuduhan melakukan tindak pelanggaran terhadap Iran.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau sendiri menyatakan bahwa penangkapan dua warga negaranya itu adalah “Tindakan sewenang-wenang dan sama sekali tidak mendasar.”

Sejak itu, hubungan diplomatik Ottawa dan Beijing telah jatuh ke dalam situasi yang terburuk dalam sejarah perjalanan kerja sama kedua negara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA