Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perkuat Kerja Sama, Uni Emirat Arab Siap Kucurkan Dana 10 Miliar Dolar AS Di Berbagai Sektor Israel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 12 Maret 2021, 08:32 WIB
Perkuat Kerja Sama, Uni Emirat Arab Siap Kucurkan Dana 10 Miliar Dolar AS Di Berbagai Sektor Israel
Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed bin Zayed /Net
rmol news logo Hubungan kerja sama antara Uni Emirat Arab dan Israel semakin erat pasca keduanya melakukan kesepakatan normalisasi tahun lalu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Terbaru, UEA mengumumkan bahwa pihaknya telah menyiapkan dana investasi di berbagai sektor di negara Yahudi tersebut. Tak tanggung-tanggung nilainya mencapai 10 miliar dolar AS.

Pengumuman itu dibuat menyusul panggilan antara Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed bin Zayed dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Kamis (11/3) waktu setempat.

Percakapan keduanya terjadi setelah Perdana Menteri Israel kembali menunda kunjungan ke UEA, karena Yordania telah menunda pemberian hak penerbangan.

"Melalui dana ini, UEA akan berinvestasi di dan bersama Israel di berbagai sektor termasuk energi, manufaktur, air, luar angkasa, perawatan kesehatan, dan teknologi pertanian. Dana investasi tersebut akan mendukung inisiatif pembangunan untuk mempromosikan kerja sama ekonomi regional antara kedua negara. Alokasi dana akan dilakukan berasal dari lembaga pemerintah dan sektor swasta," kata UEA dalam pernyataan yang dipublikasikan di Kantor Berita Emirates (WAM) yang dikelola negara, seperti dikutip dari Al-Arabiya, Junat (12/3).

"Dana tersebut dibangun di atas Abraham Accord yang bersejarah dan bertujuan untuk meningkatkan hubungan ekonomi antara dua ekonomi yang berkembang di kawasan itu, membuka investasi dan peluang kemitraan untuk mendorong kemajuan sosio-ekonomi," tambah pernyataan itu.

Israel dan Uni Emirat Arab mencapai kesepakatan perdamaian bersejarah pada 13 Agustus tahun lalu, yang mengarah pada normalisasi penuh hubungan diplomatik dan perdagangan antara kedua negara Timur Tengah dalam sebuah perjanjian yang ditengahi oleh mantan Presiden AS Donald Trump.

Menteri Intelijen Israel Eli Cohen sebelumnya memperkirakan bahwa perdagangan tahunan antara Israel dan UEA diharapkan mencapai 4 miliar dolar AS hanya dalam tiga hingga lima tahun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA