Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Desakan Mundur Kian Kencang, Gubernur Cuomo Bersikeras Tidak Akan Menyerah Atas Tuduhan Pelecehan Seksual

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 13 Maret 2021, 07:30 WIB
Desakan Mundur Kian Kencang, Gubernur Cuomo Bersikeras Tidak Akan Menyerah Atas Tuduhan Pelecehan Seksual
Gubernur New York Andrew Cuomo/Net
rmol news logo Gubernur New York Andrew Cuomo pada Jumat (12/3) bersikeras bahwa dia tidak akan mengundurkan diri dan dia tidak akan mengindahkan seruan itu atas tuduhan pelecehan seksual.

Setelah enam wanita mengaku mendapat perlakuan tidak senonoh, kini muncul wanita ketujuh yang kian memberatkan posisi pria 63 tahun itu. Mendorong puluhan anggota demokrat termasuk perwakilan AS menyerukan pengunduran diri Cuomo.

Wanita-wanita itu, kebanyakan dari mereka mantan asisten, mengatakan telah mendapat perlakuan yang tidak pantas, mulai dari perilaku genit yang tidak diinginkan di tempat kerja hingga meraba-raba. Penuduh ketujuh maju pada Jumat, membeberkan semua perbuatan Cuomo.

Reporter Jessica Bakeman, yang menulis untuk majalah New York, mengatakan bahwa Cuomo sering menepuk tangannya, termasuk saat berfoto dengannya di pesta liburan tahun 2014 ketika dia berkata, “Maaf. Apakah saya membuat Anda tidak nyaman? Saya pikir kita cocok."

Cuomo membantah semua tuduhan terhadapnya. "Saya tidak melakukan apa yang dituduhkan!" katanya.

"Saya tidak pernah melecehkan siapa pun, saya tidak pernah melecehkan siapa pun, saya tidak pernah melecehkan siapa pun," ujarnya berulang, sepert dikutip dari BBC, Sabtu (13/2).

Lebih dari 55 legislator Demokrat di New York telah menandatangani surat yang meminta dia untuk mundur. Anggota Demokrat yang belakangan mendukung mundurnya Cuomo adalah politisi asal New York, Alexandria Ocasio-Cortez dan Jerry Nadler.

Ia bergabung dengan Demokrat lainnya yang telah merilis pernyataan bersama.

"Kami percaya para wanita ini, kami percaya pelaporan, kami percaya Jaksa Agung, dan kami percaya lima puluh lima anggota legislatif Negara Bagian New York. Bahwa Gubernur Cuomo tidak dapat lagi memimpin secara efektif dalam menghadapi begitu banyak tantangan," isi pernyataan itu.

Cuomo bersikeras. "Saya tidak akan mundur. Saya tidak dipilih oleh politisi. Saya dipilih oleh rakyat," jawab Cuomo, Jumat sore.

Cuomo, yang masa jabatannya akan berakhir pada 2022, dipuji tahun lalu atas penanganannya terhadap epidemi Covid di negara bagiannya. Namun, tahun ini dia dituduh mengaburkan skala kematian akibat virus corona di panti jompo negara bagian itu, menyusul tuduhan pelecehan yang menurutnya sangat dibuat-buat untuk menjatuhkannya agar tidak lagi bertarung di pemilihan mendatang.

Cuomo meminta agar semua pihak menunggu hasil penyelidikan independen atas tuduhan tersebut, yang diawasi oleh Jaksa Agung New York Letitia James. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA