Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dikecam Palestina Dan Liga Arab, Ceko Berdalih Itu Hanya Kantor Layanan Bagi Warganya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 15 Maret 2021, 07:15 WIB
Dikecam Palestina Dan Liga Arab, Ceko Berdalih Itu Hanya Kantor Layanan Bagi Warganya
PM Ceko Andrej Babis (kanan), Menlu Israel Gabi Ashkenazi, kiri tengah, dan Menteri Keamanan Publik Israel Amir Ohana menghadiri pembukaan kantor diplomatik baru Republik Ceko di Yerusalem pada 11 Maret 2021/Net
rmol news logo Otoritas Palestina dan Liga Arab mengutuk keputusan Republik Ceko yang membuka kantor perwakilannya di Yerusalem. Tindakan itu jelas merupakan pelanggaran hukum internasional.

Kementerian Luar Negeri Palestina bahkan menyebut keputusan Praha sebagai 'serangan terang-terangan terhadap rakyat Palestina dan hak-hak mereka'.

"Ini pelanggaran mencolok hukum internasional,"  ujar kementrian itu seperti dikutip dari Arab News, Minggu (14/3) dan mengatakan langkah Praha akan merusak prospek perdamaian.

Republik Ceko pada Kamis (11/3) membuka kantor diplomatiknya di Yerusalem. Turki telah menyuarakan kekecewaannya atas langkah yang diambil Ceko dan mengatakan bahwa keputusan Ceko bisa mengikis upaya perdamaian dalam konflik Palestina-Israel/

Liga Arab juga mengutuk langkah Ceko.

Di Kairo, Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa status hukum Yerusalem akan dipengaruhi oleh keputusan satu negara atau lainnya untuk membuka kantor perwakilan.

"Yerusalem Timur adalah tanah yang diduduki menurut hukum Internasional," kata Aboul Gheit.

Kementerian Luar Negeri Ceko segera menanggapi keluhan tersebut dengan mengatakan bahwa kantor itu bukan kedutaan, melainkan dimaksudkan untuk memperkuat kemitraan strategis Praha dengan Israel dan meningkatkan layanan bagi warga Ceko di sana.

"Pembentukan kantor tersebut tidak berdampak pada keinginan Republik Ceko untuk lebih mengembangkan hubungan politik dan ekonomi dengan Otoritas Palestina," ujar pernyataan kementerian.

Namun, menurut laporan Arab News, Ceko adalah salah satu pendukung terkuat Israel di UE. Ceko termasuk negara yang menentang keputusan Pengadilan Kriminal Internasional untuk meluncurkan penyelidikan kejahatan perang di Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Yerusalem Timur yang diduduki. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA