Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Partai Republik Desak Biden Benahi Segera Masalah Krisis Migran Di Perbatasan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 17 Maret 2021, 05:58 WIB
Partai Republik Desak Biden Benahi Segera Masalah Krisis Migran Di Perbatasan
Pemimpin Minoritas DPR Kevin McCarthy berbicara kepada pers selama kunjungan delegasi perbatasan kongres ke El Paso, Texas pada 15 Maret 2021/Net
Lonjakan migran yang mencoba memasuki Amerika Serikat, termasuk anak di bawah umur tanpa pendamping, menjadi tantangan yang mencemaskan bagi pemerintahan Joe Biden. Situasi itu mengundang kritik dari para politikus.

Pemimpin Partai Republik, Kevin McCarthy dan anggota lainnya mendesak Joe Biden agar segera membenahi  situasi itu yang saat ini disebutnya sebagai krisis di perbatasan selatan AS.

“Keselamatan dan keamanan orang Amerika dan perbatasan kita adalah tugas Presiden. Dialah yang menciptakan ini dan dialah yang bisa memperbaikinya,” kata McCarthy, seperti dikutip dari ABC News, Selasa (16/3).

Kecaman itu muncul setelah anggota partai Republik mengunjungi salah satu fasilitas penampungan migran di perbatasan AS-Meksiko pada Senin. Jumlah migran yang ditahan dalam penampungan telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

"Ini lebih dari krisis. Ini adalah krisis kemanusiaan," kata McCarthy dalam konferensi persnya di El Paso, Texas.

Anggota Kongres Texas Michael Cloud ikut menyerukan perhatian Biden. Ia mengatakan presiden perlu menanggapi situasi ini dengan segera.

“Kebijakan pemerintahan Biden telah menyebabkan krisis di perbatasan ini," kata Cloud.

Fasilitas penampungan di perbatasan yang tidak kondusif dan tidak layak menimbulkan kekhawatiran. GOP mencemaskan timbulnya kekhawatiran adanya perdagangan anak dan narkoba serta penyebaran Covid-19 di tempat itu.

“Ini lebih dari sekedar krisis di perbatasan. Itu ancaman bagi republik kita. Dan Anda, Tuan Presiden, harus bertanggung jawab," kata Clay Higgins, perwakilan Partai Republik Louisiana.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan, kritikan dan kecaman itu yang datang akan segera ditindaklanjuti.

“Kami menyadari ini adalah masalah besar,” kata Psaki, menambahkan bahwa pemerintahan Biden secara aktif bekerja untuk mengatasi situasi perbatasan.

Namun, kemudian kalimatnya menyiratkan kesalahan 'ada pada pemerintahan sebelumnya'.

"Pemerintahan terakhir meninggalkan kami sistem yang telah diubah dan kacau, serta tidak bisa dijalankan dan seperti masalah lainnya. Kami akan melakukan apa pun yang kami bisa untuk menyelesaikannya," kata Psaki.

Gedung Putih mengatakan mereka fokus membantu anak-anak yang terjebak dalam situasi ini, secepat mungkin. FEMA juga memberikan dukungan di perbatasan untuk membantu pemrosesan dan menghindari kepadatan berlebih. 
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA