Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Italia Berharap Masalah Vaksin AstraZeneca Tidak Akan Menenggelamkan Rencana Inokulasi Negaranya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 17 Maret 2021, 10:22 WIB
Italia Berharap Masalah Vaksin AstraZeneca Tidak Akan Menenggelamkan Rencana Inokulasi Negaranya
Perdana Menteri Mario Draghi/Net
rmol news logo Hadirnya vaksin telah membawa harapan bagi pemerintahan baru Italia untuk mengakhiri penguncian yang saat ini tengah diberlakukan kembali di negaranya. Namun, harapan itu sedikit memudar ketika muncul sejumlah permasalahan pada vaksin yang mereka andalkan.

Akhir pekan lalu, Perdana Menteri Mario Draghi mengumumkan strategi vaksinasi baru yang bertujuan untuk mempercepat penyuntikan secara besar-besaran untuk mencakup 80 persen populasi pada bulan September. Namun, masalah dengan vaksin AstraZeneca/Oxford, yang sementara ditangguhkan di sebagian besar Uni Eropa karena masalah keamanan, berisiko membatalkan rencana tersebut sebelum itu benar-benar berjalan.

Menteri Pertahanan Junior, Giorgio Mule bahkan mengatakan itu telah menimbulkan kekacauan besar yang tidak bisa dipungkiri.

“Ini kekacauan besar, tidak ada gunanya menyangkalnya,” ujarnya kepada surat kabar Il Messaggero, seperti dikutip dari AFP, Selasa (16/3).

Gelombang baru infeksi Covid-19 membuat sebagian besar negara kembali terkunci pada hari Senin, dengan sekolah, bar, restoran, dan toko tutup dan penduduk didesak untuk tinggal di rumah selama tiga minggu.

Draghi, mantan presiden Bank Sentral Eropa yang mengambil alih kepemimpinan pemerintah persatuan nasional bulan lalu, telah menetapkan target hampir tiga kali lipat jumlah suntikan vaksin harian menjadi 500 ribu per hari yang sebagian besar mengandalkan vaksin AstraZeneca.

Ini akan menyebabkan 60 persen populasi mendapatkan vaksinasi penuh pada akhir Juli, meningkat menjadi 70 persen pada akhir Agustus dan 80 persen pada pertengahan September, menurut rencana strategi.

Hanya sekitar dua juta orang Italia sejauh ini menerima dua suntikan vaksin yang diperlukan, dari populasi sekitar 60 juta.

Seperti negara Uni Eropa lainnya, program vaksinasi Italia telah dirundung oleh penundaan pasokan suntikan - tetapi para ahli mengatakan ini tidak sepenuhnya menjadi penyebab lambatnya kemajuan.

Carlo Palermo, kepala serikat pekerja dokter Anaoo Assomed, mengatakan Italia memiliki awal yang baik pada Januari ketika berfokus pada pekerja kesehatan dan panti jompo, tetapi kemudian berjuang untuk meningkatkannya.

“Ini sebagian karena kekurangan personel, dengan dorongan untuk merekrut sekitar 12.000 perawat tambahan karena pemberi vaksin hanya mendapatkan sekitar 4.000 lamaran,” katanya kepada AFP.

Koordinasi antar daerah juga buruk dalam penentuan prioritas. Tuscany, misalnya, berfokus pada vaksinasi pengacara, begitu banyak orang sehat berusia 30-an dan 40-an telah mendapatkan suntikan.

Di seluruh Italia, hanya sepertiga dari 6,85 juta dosis vaksin yang diberikan sejauh ini telah diberikan kepada orang-orang yang berusia 70 tahun atau lebih, meskipun kerentanan mereka terhadap virus corona meningkat.

“Sejauh mana vaksin telah diberikan pada kategori yang relatif muda cukup mengejutkan ... dan tidak dapat dijelaskan berdasarkan alasan kesehatan," kata Federico Santi, analis senior di Eurasia Group.

Pemerintah sekarang merekrut bantuan apoteker, dokter peserta pelatihan, dokter gigi dan dokter keluarga untuk memberikan suntikan, dan akan membawa tentara dan badan perlindungan sipil untuk membantu daerah yang sedang berjuang seperti Calabria di selatan.

Itu memperluas fasilitas vaksin, membuka pusat skala besar dan tempat parkir mobil, pusat perbelanjaan, pusat kebugaran, pabrik dan bahkan properti gereja - meskipun satu pusat di stasiun Termini Roma tutup Selasa karena kekurangan suntikan AstraZeneca.

Tetapi bahkan jika vaksin AstraZeneca disetujui oleh European Medicines Agency dan penggunaannya dapat dilanjutkan, ada kekhawatiran vaksin itu akan memicu sentimen anti-vaxxer yang sudah relatif kuat di Italia.

Mungkin juga ada lebih banyak kekurangan pasokan, kata Santi, mencatat bahwa Johnson & Johnson dan AstraZeneca termasuk di antara perusahaan farmasi yang berjuang dengan penundaan produksi.

“Persediaan tetap menjadi tanda tanya besar,” katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA