Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dorong Kerja Sama Ekonomi Digital Dan Pariwisata, KBRI Moskow Gelar Forum Bisnis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 17 Maret 2021, 18:06 WIB
Dorong Kerja Sama Ekonomi Digital Dan Pariwisata, KBRI Moskow Gelar Forum Bisnis
Duta Besar RI untuk Rusia, Jose Tavares ketika membuka "Russia – Indonesia Online Business Forum: Digital Economy and Tourism Investment Opportunities" secara virtual/Ist
rmol news logo Situasi saat ini, di tengah pandemi Covid-19, harus dijadikan peluang untuk memperkuat sektor ekonomi digital dan meningkatkan potensi pariwisata.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itulah yang dilakukan oleh Kedutaan Besar RI (KBRI) di Rusia dengan menggelar forum "Russia – Indonesia Online Business Forum: Digital Economy and Tourism Investment Opportunities" pada Selasa (16/3).

“Ini waktu yang tepat untuk kita dorong kerja sama ekonomi digital kedua negara dan promosikan investasi pariwisata Indonesia kepada Rusia, mengingat besarnya potensi kerja sama kedua negara”, ujar Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares dalam acara tersebut.

Dubes Jose Tavares mengatakan, forum tersebut diharapkan dapat menghasilkan kolaborasi untuk meningkatkan kerja sama Indonesia dan Rusia.

"Besar harapan kami, business matching di penghujung Forum menghasilkan kolaborasi yang saling menguntungkan antara komunitas bisnis kedua negara untuk promosikan kerja sama ekonomi Indonesia–Rusia," jelasnya.

Dari keterangan tertulis yang diterima redaksi, forum itu bertujuan untuk mendekatkan kalangan bisnis Rusia dan Indonesia, serta meningkatkan hubungan bilateral bidang ekonomi digital dan investasi pariwisata.

Ikut hadir, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, menyebut kedua negara memiliki prospek yang cerah dalam sektor teknologi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), di mana sektor ini turut mendukung bidang seperti pendidikan, keamanan data, dan perbankan.

Terdapat dua sesi diskusi yang dilakukan selama forum, yaitu panel pertama terkait "Kerja Sama Ekonomi Digital", sedangkan panel kedua terkait "Peluang Investasi Pariwisata Indonesia".

Panel pertama dimoderatori oleh Deputi Direktur Kerja sama Multilateral dan Proyek Khusus Kementerian Pembangunan Ekonomi Rusia, Pavel Kalmychek.

Panel membahas kerja sama ekonomi digital dengan menghadirkan Staf Khusus Menkominfo RI Dedy Permadi dan CEO Rosinfokominvest George Mikaberidze sebagai narasumber.

Sementara itu, panel kedua dipandu oleh Minister Counsellor KBRI Moskow, Edi Suharto. Panel membahas peluang investasi Indonesia di bidang pariwisata kepada peserta dan calon investor Rusia.

Terdapat tiga pembicara dari Indonesia yang bersinergi mempromosikan kebijakan dan peluang investasi serta proyek-proyek yang dapat dikerjasamakan dengan pihak Rusia. Mereka adalah Deputi Kepala BKPM Nurul Ichwan, Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Marthunis, dan Direktur Pengembangan Bisnis Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Ema Widiastuti.

Forum dihadiri oleh 134 peserta dari berbagai kalangan. Turut hadir Deputi Menteri Pembangunan Ekonomi Rusia, Vladimir Ilichyovy hingga pejabat kementerian dan lembaga lainnya.

Tercatat beberapa perusahaan dan institusi yang hadir antara lain Elken Global, AECOM, KADIN, Telkomtelstra, Searchrinform Rusia, Russian Export Center, dan MAXIM Taxi Service. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA