Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Krisis Perbatasan, Pesan Joe Biden Untuk Para Migran: Jangan Datang!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 18 Maret 2021, 06:27 WIB
Krisis Perbatasan, Pesan Joe Biden Untuk Para Migran: Jangan Datang!
Joe Biden saat wawancara dengan televisi/Repro
rmol news logo Presiden Joe Biden mengatakan bahwa ia telah berusaha memperingatkan para migran agar tidak mendatangi perbatasan, menyusul lonjakan migran yang 'mengejutkan' dalam beberapa minggu ini.

Dalam wawancaranya bersama ABC News Rabu (17/3), Biden menjelaskan ia telah mengatakan agar mereka tidak pergi dari tanah kelahiran mereka. Mencari kehidupan baru di AS bukanlah pilihan terbaik saat ini. Biden juga menyatakan keprihatinannya tentang anak di bawah umur yang datang ke perbatasan.

"Ya, saya sudah mengatakan dengan jelas: Jangan datang! Jangan tinggalkan kota kelahiran Anda!" kata Biden, seperti dikutip dari ABC, Rabu (17/3).

Jumlah remaja dan anak-anak tanpa pendamping yang ada di penampungan migran di perbatasan AS-Meksiko telah melonjak dalam beberapa pekan terakhir seiring dengan semakin banyaknya migran yang mencoba menyeberang ke AS.

Pekan lalu, Partai Republik beramai-ramai menyalahkan Biden karena menghapus kebijakan imigrasi peninggalan Trump. Membuat banyak orang berdatangan ke perbatasan berharap bisa memasuki AS. Meruntuhkan apa yang selama ini telah diperjuangkan Trump.

Biden mengatakan kepada ABC News bahwa akhirnya ia memulangkan kembali para migran itu untuk mengantisipasi lonjakan.

Ketika disinggung lonjakan migran muncul akibat kebijakan yang dibuatnya, Biden mengatakan bahwa lonjakan migran telah meningkat dalam dua tahun terakhir.

"Ada lonjakan dalam dua tahun terakhir, pada tahun 2019 dan 2020," ujar Biden, tanpa bisa mengelak bahwa lonjakan yang terjadi saat ini memang jauh lebih buruk.

Biden mengakui ia pernah 'melunakkan' aturan migran di awal jabatannya, yang ternyata diartikan oleh para migran seolah bebas memasuki AS. Ketika mereka tiba di perbatasan dan disodori sederet aturan, mereka tidak bisa memenuhinya.

"Begini kesepakatannya, dan ternyata mereka tidak setuju," kata Biden.

Biden mengatakan dia "mewarisi kekacauan" dari pemerintahan sebelumnya, dan saat ini yang paling penting adalah bagaimana mengatasi akar penyebab migrasi dari Amerika Tengah itu.

Biden mengatakan para migran datang karena keadaan mereka di tempat tinggal asalnya sangat buruk. Mereka ingin perubahan dan mendapat kesempatan yang lebih baik. Sayangnya, mereka tidak memenuhi syarat imigrasi.

Ribuan anak di bawah umur tanpa pendamping saat ini ditampung di fasilitas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS. Otoritas mencoba menyediakan tempat tidur yang cukup untuk semua anak-anak itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA