Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakistan Terima Sumbangan 500 Ribu Dosis Vaksin Sinopharm Dari China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 18 Maret 2021, 09:30 WIB
Pakistan Terima Sumbangan 500 Ribu Dosis Vaksin Sinopharm Dari China
Vaksin Covid-19 Sinopharm/Net
rmol news logo Kedekatan hubungan antara Pakistan dan China terlihat ketika Islamabad mendapatkan sumbangan 500 ribu dosis vaksin Covid-19 Sinopharm dari Beijing.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Kesehatan Pakistan Faisal Sultan menuturkan, bantuan tersebut diterima pada Rabu (17/3). Dengan begitu, Pakistan sudah memiliki 1 juta dosis vaksin Covidj19, semuanya berasal dari Sinopharm.

"500 ribu dosis ini akan memastikan kelancaran program vaksin kami, yang saat ini sedang dilakukan untuk warga lanjut usia," kata Sultan, seperti dikutip Reuters.

Pakistan mulai melakukan progra vaksinasi nasional sejak 10 Maret, dimulai untuk kelompok lansia. Sementara para petugas medis sudah mendapatkan suntikan pada awal Februari.

Hingga saat ini, Pakistan belum mendapatkan vaksin dari produsen obat apa pun. Alih-alih, bergantung pada mekanisme COVAX, GAVI, dan donasi negara-negara lain.

Pakistan berharap bisa mendapatkan kiriman tahap pertama dari 2,8 juta dosis vaksin AstraZeneca dari GAVI pada akhir Maret.

Selain Sinopharm dan AstraZeneca, Pakistan telah menyetujui vaksin Sputnik Rusia dan China CanSino Biologics (CanSinoBIO) untuk penggunaan darurat.

CanSinoBIO telah merilis hasil kemanjuran sementara dari uji coba multi-negara, yang mencakup Pakistan, menunjukkan kemanjuran 65,7 persen dalam mencegah kasus gejala virus coronam dengan tingkat keberhasilan 90,98 persen dalam menghentikan infeksi parah.

Di Pakistan, kemanjuran vaksin CanSinoBIO dalam mencegah kasus bergejala adalah 74,8 persen dan 100 persen untuk mencegah penyakit parah.

Dalam beberapa waktu terakhir, Pakistan yang memiliki 220 juta penduduk mengalami peningkatan jumlah kasus Covid-19 secara tajam.

Persentase tes Covid-19 positif di seluruh negeri telah menyentuh 6,26 persen dan melebihi 11 persen di Punjab.

Secara  keseluruhan, Pakistan sudah mencatat 612.315 kasus Covid-19, dengan 13.656 kematian. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA