Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Lebanon Minta PM Hariri Segera Bentuk Pemerintahan Atau Mundur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 18 Maret 2021, 10:20 WIB
Presiden Lebanon Minta PM Hariri Segera Bentuk Pemerintahan Atau Mundur
Presiden Lebanon, Michel Aoun/Net
rmol news logo Presiden Lebanon Michel Aoun memberikan pilihan kepada Perdana Menteri Saad Hariri, yaitu segera membentuk pemerintahan atau tinggalkan jabatan.

Hal itu disampaikan Aoun ketika mengundang Hariri ke Istana Presiden pada Rabu (17/3), seperti dilaporkan Anadolu Agency.

Dalam pidatonya yang disiarkan di televisi, Aoun mengatakan, Hariri harus segera membentuk pemerintahan berdasarkan kesepajatan dan konstitusi, tanpa berdebat atau menunda.

"Jika Perdana Menteri yang ditunjuk Hariri mendapati dirinya tidak dapat membentuk pemerintahan penyelamatan nasional, maka (dia) harus memberi jalan bagi mereka yang mampu melakukannya," tambah Aoun.

Hariri ditunjuk sebagai perdana menteri pada 22 Oktober tahun lalu, setelah Perdana Menteri Mustapha Adib mengundurkan diri di tengah kisruh politik yang menghalangi pembentukan pemerintah persatuan.

Dua bulan kemudian, Hariri mengusulkan kabinet teknokrat beranggotakan 18 orang, tetapi Aoun menolaknya, mengklaim bahwa Hariri tidak berkonsultasi dengan presiden mengenai nama-nama tersebut.

Sejauh ini, Hariri belum berkomentar terkait pidato Aoun.

Lebanon sendiri tengah menghadapi krisis politik dan ekonomi yang parah. Unjuk rasa di seluruh penjuru negeri dilakukan, menjadi yang terburuk sejak perang saudara di Lebanon pada 1975 hingga 1990. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA