Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Desak ASEAN Gelar KTT, Jokowi: Kekerasan Di Myanmar Harus Dihentikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 19 Maret 2021, 12:32 WIB
Desak ASEAN Gelar KTT, Jokowi: Kekerasan Di Myanmar Harus Dihentikan
Presiden Joko Widodo/Repro
rmol news logo Presiden Joko Widodo mendorong agar ASEAN segera menyelenggarakan pertemuan tingkat tinggi (KTT) untuk membahas situasi di Myanmar.

Hal itu ia sampaikan dalam pidato virtual yang disiarkan Sekretariat Presiden pada Jumat (19/3).

"Saya akan segera melakukan pembicaraan dengan Sultan Brunei Darussalam sebagai Ketua ASEAN agar segera dimungkinkannya diselenggarakan pertemuan tingkat tinggi ASEAN yang membahas krisis di Myanmar," ujar Jokowi.

Dalam pidato tersebut, ia juga menyampaikan duka cita mendalam kepada para korban dan keluarga mereka akibat penggunaan kekerasan di Myanmar.

"Atas nama pribadi dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita dan simpati yang dalam kepada korban dan keluarga korban akibat penggunaan kekerasan di Myanmar," ucapnya.

"Dan Indonesia mendesak agar penggunaan kekerasan di Myanmar segera dihentikan, sehingga tidak ada lagi korban berjatuhan. Keselamatan dan kesejahteraan rakyat harus menjadi prioritas utama," tambahnya.

Ia juga mendesak agar dialog dan rekonsiliasi antara pihak-pihak yang bertikai di Myanmar segera dilakukan untuk memulihkan demokrasi, perdamaian, dan stabilitas di Myanmar.

Myanmar diliputi kekacauan setelah militer merebut kekuasaan dari pemerintahan sipil yang dipimpin oleh penasihat negara Aung San Suu Kyi pada 1 Februari.

Warga yang tidak menerima adanya perebutan kekuasaan melakukan gelombang unjuk rasa besar-besaran yang ditanggapi dengan kekerasan oleh petugas keamanan.

Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP) menyebut, setidaknya sudah ada lebih dari 200 orang yang meninggal dunia akibat kekerasan petugas keamanan sejak kudeta terjadi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA