Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

15 Anggota Dewan Keamanan PBB Desak Houthi Hentikan Pertempuran Di Yaman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 19 Maret 2021, 15:42 WIB
15 Anggota Dewan Keamanan PBB Desak Houthi Hentikan Pertempuran Di Yaman
Ilustrasi/Net
rmol news logo Meningkatnya pertempuran di Marib Yaman mendapat perhatian khusus dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB pada Kamis (18/3).

Dalam pernyataannya, 15 anggota dewan menyerukan kepada kelompok Houthi untuk mengakhiri serangan terhadap benteng terakhir pemerintah di utara, dan mendorong pemerintah untuk mengizinkan bahan bakar masuk ke pelabuhan Hodeidah.

Dewan juga mengutuk serangan lintas batas yang dilakukan Houthi terhadap Arab Saudi dan mengatakan peningkatan pertempuran di Marib "mengancam upaya untuk mengamankan penyelesaian politik ketika komunitas internasional semakin bersatu untuk mengakhiri konflik," seperti dikutip dari Reuters, Jumat (19/3).

Koalisi militer pimpinan Arab melakukan intervensi di Yaman pada 2015 setelah kelompok Houthi yang didukung Iran menggulingkan pemerintah negara itu dari ibu kota Sanaa. Sementara, kaum Houthi beralasan bahwa mereka memerangi sistem yang korup di negara itu.

Dewan Keamanan pada hari Kamis juga "menyatakan keprihatinan atas situasi ekonomi dan kemanusiaan yang mengerikan, dan menekankan pentingnya memfasilitasi bantuan kemanusiaan serta pergerakan kapal bahan bakar ke pelabuhan Hodeidah." rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA