Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Gantikan Mendiang John Magufuli, Samia Suluhu Hassan Resmi Dilantik Sebagai Presiden Perempuan Pertama Tanzania

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 19 Maret 2021, 16:20 WIB
Gantikan Mendiang John Magufuli, Samia Suluhu Hassan Resmi Dilantik Sebagai Presiden Perempuan Pertama Tanzania
Samia Suluhu Hassan/Net
Wakil Presiden Tanzania, Samia Suluhu Hassan resmi dilantik sebagai presiden pada Jumat (19/3) waktu setempat, menggantikan John Magufuli yang meninggal setelah dirawat di rumah sakit karena masalah jantung Rabu lalu.

Dengan pengangkatannnya tersebut, wanita berusia 61 tahun itu sekaligus menjadi kepala negara perempuan pertama di negara Afrika timur itu.

Dilaporkan Al-Arabiya, Hassan dilantik di State House di ibukota komersial negara Dar es Salaam.

Dia mengambil alih kursi kepresidenan setelah presiden sebelumnya meninggal pada Rabu (18/3) di rumah sakit, setelah absen lebih dari dua minggu dari kehidupan publik yang menimbulkan spekulasi tentang kesehatannya.
Dalam sebuah pernyataan, kepresidenan mengatakan Hassan akan berpidato kepada negara setelah dilantik dan juga akan mengadakan pertemuan kabinet.

Digambarkan sebagai pembangun konsensus yang bersuara lembut, Hassan juga akan menjadi presiden pertama negara yang lahir di Zanzibar, negara kepulauan yang merupakan bagian dari persatuan Republik Tanzania.

Gaya kepemimpinannya dipandang sebagai potensi kontras dari Magufuli, seorang populis yang mendapat julukan 'Bulldozer' karena memiliki postur tubuh berotot, serta melalui kebijakan dan yang menuai kritik karena intoleransi perbedaan pendapat, yang dibantah oleh pemerintahnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA