Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Bersitegang, AS Dan China Sepakat Tangani Perubahan Iklim Bersama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 21 Maret 2021, 11:18 WIB
Meski Bersitegang, AS Dan China Sepakat Tangani Perubahan Iklim Bersama
Delegasi China dalam pertemuan di Anchorage, Alaska, pada 18 hingga 19 Maret 2021/Net
rmol news logo China dan Amerika Serikat (AS) akan bekerja sama untuk menangani perubahan iklim dengan membentuk kelompok kerja.

Itu menjadi salah satu kesimpulan dalam pertemuan para diplomat China dan AS di Anchorage, Alaska pada Kamis (18/3) dan Jumat (19/3).

Dimuat Xinhua, meski pembicaraan kedua belah pihak berlangsung dengan keras, namun Beijing dan Washington sepakat untuk meningkatkan komunikasi dan kerja sama di bidang perubahan iklim.

Mereka juga akan mengadakan pembicaraan untuk memfasilitasi kegiatan diplomat dan misi konsuler, serta tentang isu-isu yang berkaitan dengan media dan jurnalisme.

Pertemuan di Anchorage melibatkan delegasi China yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Wangi dan diplomat senior Jang Jiechi. Sementara delegasi AS dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan penasihat keamanan Jake Sullivan.

Pembicaraan yang disiarkan di televisi itu dimulai dengan ketegangan dan perang kata antar delegasi. Meski begitu, keduanya menyebut akan terus mempertahankan dialog.

"Kedua belah pihak juga sepakat bahwa mereka akan menjaga dialog dan komunikasi, melakukan kerja sama yang saling menguntungkan, menghindari kesalahpahaman dan kesalahpahaman, serta konflik dan konfrontasi, untuk mempromosikan perkembangan yang sehat dan stabil dari hubungan China-AS," lapor Xinhua.

Selain membahas isu perubahan iklim, China dan AS juga membahas penyesuaian kebijakan perjalanan dan visa sesuai dengan situasi pandemi Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA