Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Uni Eropa Siap Blokir Pasokan Vaksin Ke Inggris Sebelum Kebutuhan Di Blok Terpenuhi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 22 Maret 2021, 08:59 WIB
Uni Eropa Siap Blokir Pasokan Vaksin Ke Inggris Sebelum Kebutuhan Di Blok Terpenuhi
Vaksin Covid-19 AstraZeneca/Net
rmol news logo Ketegangan antara Uni Eropa dan Inggris terkait vaksin Covid-19 terus berkembang. Uni Eropa dilaporkan siap untuk menahan distribusi pasokan vaksin AstraZeneca ke Inggris.

Seorang pejabat senior Uni Eropa, pihaknya akan mulai meninjau, dan kemungkinan menolak, otorisasi ekspor vaksin Covid-19 AstraZeneca ke Inggris hingga produsen obat itu memenuhi kewajiban pengirimannya ke blok.

Pejabat itu mengatakan, setiap vaksin dan bahan yang diproduksi di pabrik-pabrik Eropa akan dicadangkan untuk pengiriman lokal di Uni Eropa, seperti dimuat Bloomberg.

Konflik antara Uni Eropa dan Inggris perihal vaksin mulai muncul ketika AstraZeneca mengumumkan tidak dapat memasok jumlah dosis yang sesuai dengan yang dijanjikan pada kuartal pertama 2021.

Uni Eropa dan Inggris kemudian saling menyalahkan atas pembatasan ekspor dan nasionalisme vaksin.

Pekan lalu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen melakukan pembicaraan dan diplomasi tingkat tinggi di antara para pemimpin menjelang pertemuan puncak di Brussel.

Komisi Eropa juga mengatakan bahwa mereka akan membatasi ekspor vaksin ke negara-negara yang tidak membalas atau yang sudah memiliki tingkat vaksinasi tinggi.

Sejauh ini, Inggris adalah penerima dosis terbesar yang dibuat di Uni Eropa, yaitu menerima 10 juta dari 42 juta suntikan .

Menurut dua orang sumber, Johnson dan von der Leyen berbicara melalui telepon selama beberapa jam setelah rencana pembatasan vaksin diumumkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA