Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usai Pemilu, Capres Oposisi Kongo Meninggal Di Pesawat Karena Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 22 Maret 2021, 13:50 WIB
Usai Pemilu, Capres Oposisi Kongo Meninggal Di Pesawat Karena Covid-19
Calon presiden Republik Kongo, Guy Brice Parfait Kolelas/Net
rmol news logo Calon presiden Republik Kongo dari partai oposisi, Guy Brice Parfait Kolelas meninggal dunia di dalam pesawat karena Covid-19.

Kolelas dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (21/3), sehari setelah pemungutan suara. Ia dilarikan ke rumah sakit dan diterbangkan ke Prancis untuk perawatan Covid-19 pada malam pemilihan.

"(Kolelas) meninggal di pesawat medis yang datang untuk menjemputnya dari Brazzaville pada Minggu sore," ujar direktur kampanye Christian Cyr Rodrigue Mayanda, seperti dikutip AFP.

Menurut seorang anggota keluarganya, Kolelas sempat menerima perawatan di rumah sakit swasta di ibu kota Brazzaville setelah tertular virus corona.

Kolelas melewatkan acara kampanye terakhirnya pada Jumat (19/3) setelah mengumumkan kekhawatirannya terkena malaria.

Dari sebuah video yang beredar di media sosial, terlihat politisi 61 tahun itu mengenakan masker oksigen dan dengan manset tekanan darah di lengannya saat ia berbaring di ranjang rumah sakit.

"Rekan-rekan saya yang terkasih, saya dalam masalah. Saya melawan kematian. Namun, saya meminta Anda untuk berdiri dan memilih perubahan. Saya tidak akan berjuang untuk apa-apa," ujar Kolelas dengan suara lemah setelah melepaskan masker oksigennya.

Kolelas merupakan lawan terkuat untuk pemimpin Denis Sassou Nguesso dalam pemilihan presiden 2016. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA