Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nigeria Berkabung Usai 137 Orang Tewas Dalam Serangan Paling Mematikan Di Tahoua

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 23 Maret 2021, 08:17 WIB
Nigeria Berkabung Usai 137 Orang Tewas Dalam Serangan Paling Mematikan Di Tahoua
Nigeria mengumumkan masa berkabung selama tiga hari/Net
rmol news logo Nigeria mengumumkan tiga hari berkabung nasional setelah beberapa desa di wilayah Tahoua diserang, menewaskan 137 orang.

Jurubicara pemerintah Zakaria Abdourahamane mengumumkan masa berkabung dimulai pada Selasa (23/3), untuk menghormati para korban.

Serangan sendiri terjadi pada Minggu sore (21/3) waktu setempat. Penyerang tidak dikenal menyerbu tiga desa dan dusun di wilyah Tahoua yang berbatasan dengan Mali.

Awalnya jumlah korban tewas yang diidentifikasi adalah 60 orang, namun bertambah pada Senin (22/3).

Insiden tersebut menjadi salah satu paling mematikan bagi Nigeria yang memang kerap dilanda kekerasan.

"Dalam memperlakukan penduduk sipil secara sistematis sebagai sasaran sekarang, para bandit bersenjata ini telah melangkah lebih jauh ke dalam kengerian dan kebrutalan," kata Abdourahamane, seperti dikutip The National.

Abdourahamane menegaskan pemerintah akan memperkuat keamanan di wilayah terdampak dan membawa para pelaku ke meja hijau.

Sejauh ini pemerintah belum mengungkap siapa yang diyakini sebagai dalang dari serangan tersebut. Namun sumber keamanan sempat menyalahkan ISIS yang memiliki afiliasi di wilayah tersebut.

Abdourahamane tidak mengatakan siapa yang diyakini pihak berwenang berada di balik serangan itu. Sumber keamanan sebelumnya menyalahkan ISIS, yang afiliasi lokalnya aktif di zona tersebut.

Sebuah laporan dari Badan Pengungsi PBB menyebut serangan tersebut kemungkinan merupakan balas dendam atas penangkapan orang-orang  yang dicurigai sebagai anggota kelompok bersenjata di daerah itu baru-baru ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA