Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ikut-ikutan Beri Sanksi, Dubes Inggris Ditegur Kemenlu China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 24 Maret 2021, 07:49 WIB
Ikut-ikutan Beri Sanksi, Dubes Inggris Ditegur Kemenlu China
Duta Besar Inggris untuk Tiongkok. Caroline Wilson/Net
rmol news logo Perang sanksi antara China dengan sejumlah negara barat berbuntut pada pemanggilan Duta Besar Inggris untuk Tiongkok.

Wakil Menteri Luar Negeri Qin Gang memanggil Dubes Caroline Wilson pada Selasa (23/3) waktu setempat.

Pemanggilan Dubes Wilson dilakukan setelah Inggris turut bergabung dalam kampanye sanksi yang dijatuhkan terhadap pejabat China terkait masalah pelanggaran ham di Xinjiang.

Kementerian Luar Negeri China memanggil dubes Inggris untuk mengajukan kecaman keras. Kemenlu menekankan bahwa China akan membuat tanggapan yang diperlukan dan adil atas tindakan Inggris tersebut.

Inggris mengikuti langkah yang dilakukan uni Eropa, Kanada dan AS, yang menjatuhkan sanksi kepada China pada Senin (22/3).

Sementara itu, Kedutaan Besar China di Inggris mengatakan bahwa China pasti akan membalas dengan tindakan balasan, dan mendesak Inggris untuk menarik kembali keputusannya, atau hubungan bilateral dapat rusak.

"China tidak mengambil inisiatif untuk memprovokasi konfrontasi atau menyerang orang lain. Namun, kami tidak akan membiarkan diri kami dieksploitasi. Kami akan dengan tegas melawan," kata kedutaan dalam dokumen yang dikirim ke Global Times.

"China dengan hati-hati mempelajari pernyataan sanksi inggris dan akan membuat tanggapan yang sesuai pada waktunya," kata kedutaan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA