Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pembunuhan Calon Walikota Meksiko Ivonne Gallegos Carreno, Ungkap Fakta Lain Yang Lebih Mengerikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 24 Maret 2021, 13:54 WIB
Pembunuhan Calon Walikota Meksiko Ivonne Gallegos Carreno, Ungkap Fakta Lain Yang Lebih Mengerikan
Ivonne Gallegos Carreno, calon walikota Ocotlan de Morelos/Net
rmol news logo Para pejabat Meksiko mengutuk pembunuhan Ivonne Gallegos Carreno, calon walikota perempuan di sebuah kota kecil di negara bagian selatan Oaxaca akhir pekan lalu. Faktanya, ada belasan calon lain yang tewas jelang pemilihan yang akan digelar beberapa bulan mendatang.

Carreno berencana mencalonkan diri sebagai walikota di kota kecil Ocotlan de Morelos, Oaxaca sebelum dia ditembak mati di mobilnya pada Sabtu (20/3) waktu setempat.

Para pengamat mengatakan pada Senin (22/3), bahwa sejauh ini telah ada 18 calon kandidat yang tewas menjelang pemilihan paruh waktu Juni mendatang. Mereka dibunuh sebelum membuka kampanye resmi, seperti dikutip dari ABC News, Rabu (24/3).

Sementara, perusahaan konsultan Etellekt dalam laporannya mengatakan bahwa pembunuhan terjadi terutama di negara-negara yang dilanda kekerasan seperti Veracruz di pantai Teluk, dan Guerrero di Pasifik. Tapi pembunuhan terisolasi telah terjadi di setengah lusin negara bagian lain.

Institut Wanita Nasional Meksiko juga turut mengomentari kasus pembunuhan baru-baru ini, mereka mengatakan: "Kekerasan terhadap wanita tidak dapat dibiarkan atau ditoleransi dalam sistem demokrasi."

Motif pembunuhan sejauh ini bervariasi, namun yang jelas, politisi di Meksiko menghadapi ancaman dari kartel narkoba, rival politik, dan polisi yang korup. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA