Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bersatu Hadapi China, Taiwan Dan AS Perkuat Kerja Sama Maritim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 26 Maret 2021, 09:34 WIB
Bersatu Hadapi China, Taiwan Dan AS Perkuat Kerja Sama Maritim
Penjaga Pantai Taiwan/Net
rmol news logo Taiwan dan Amerika Serikat (AS) memperkuat kerja sama maritim di tengah meningkatnya kekhawatiran atas ancaman China.

Dari laporan Reuters, Taiwan dan AS telah menandatangani perjanjian pembentukan Coast Guard Working Group untuk mengoordinasikan kebijakan ketika China meningkatkan kekuatan maritimnya.

Penandatanganan dilakukan di Washington pada Kamis (25/3) oleh perwakilan Taiwan untuk AS, Hsiao Bi-khim.

"Sebagai pemangku kepentingan yang bertanggung jawab di kawasan Indo-Pasifik, Taiwan siap dan bersedia beruat lebih banyak di domain maritim," ujar kantornya.

"Kami berharap, dengan Coast Guard Working Group yang baru, kedua belah pihak akan menjalin kemitraan yang lebih kuat dan bersama-sama berkontribusi lebih banyak lagi untuk kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," tambahnya.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah bergerak untuk meyakinkan Taiwan atas komitmennya yang kuat. Washington juga telah berulang kali menyatakan keprihatinan tentang upaya China untuk menekan Taiwan.

Saat ini, Taiwan sedang meningkatkan kemampuan penjaga pantainya dengan kapal-kapal baru, yang dapat direkrut menjadi layanan angkatan laut jika terjadi perang.

Meskipun seperti kebanyakan negara, tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan, namun AS adalah pendukung dan pemasok senjata internasional terpenting untuk Taiwan.

Pada Januari, China telah mengesahkan UU yang untuk pertama kalinya secara eksplisit mengizinkan penjaga pantai untuk menembaki kapal asing yang memasuki wilayahnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA