Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Hanya China Yang Dapat Bertindak Sebagai Perantara Perdamaian Dalam Masalah Nuklir Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 27 Maret 2021, 07:19 WIB
Pengamat: Hanya China Yang Dapat Bertindak Sebagai Perantara Perdamaian Dalam Masalah Nuklir Iran
Menteri Luar Negeri China Wang Yi/Net
rmol news logo Setelah melakukan pertemuan dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu di Ankara, Anggota Dewan Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi meneruskan perjalanannya ke Iran pada Jumat (26/3).

Beberapa hari sebelum jadwal kedatangan Wang, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh mengatakan bahwa Wang akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani dan Menteri Luar Negeri Javad Zarif. Kedua belah pihak akan berkonsultasi untuk memperkuat kemitraan strategis dan bertukar pandangan tentang perkembangan internasional dan regional.

Mantan duta besar China untuk Iran, Hua Liming, nencatat bahwa Iran, sebagai negara kunci dalam Belt and Road Initiative dan salah satu pengekspor minyak utama ke China, telah terkena sanksi AS dan pandemi, sehingga sangat ingin memperkuat kerja sama dengan China untuk meningkatkan hubungan bilateral.

"Wang adalah diplomat China dengan peringkat tertinggi yang melakukan kunjungan resmi ke Iran sejak kunjungan Presiden China Xi Jinping pada 2016," kata Hua Liming, kepada Global Times, Jumat (26/3).

Menurut Hua, keduanya juga diperkirakan akan menjadikan masalah nuklir sebagai topik utama diskusi.

"Penarikan pemerintahan Trump dari Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) merupakan pukulan besar bagi ekonomi Iran. Faktanya, Iran ingin AS kembali ke kesepakatan, dan China dapat berkoordinasi dengannya," ujarnya.

Dalam wawancara dengan Al Arabiya pada hari Rabu (24/3), Wang Yi mengusulkan lima inisiatif untuk mencapai keamanan dan stabilitas di Timur Tengah, mencatat bahwa menyingkirkan persaingan geopolitik di antara kekuatan-kekuatan besar adalah cara mendasar untuk mengakhiri kekacauan.

Terkait masalah nuklir Iran, Wang menunjukkan bahwa AS harus mengambil langkah-langkah konkret untuk meringankan sanksi sepihak terhadap Iran, sementara Iran harus melanjutkan memenuhi komitmen nuklirnya.

"Bersamaan dengan itu, masyarakat internasional harus mendukung upaya negara-negara kawasan untuk membentuk kawasan Timur Tengah yang bebas nuklir dan senjata pemusnah massal lainnya," kata Wang dalam wawancara itu. Menambahkan bahwa semua pihak harus membahas dan merumuskan rute dan jadwal untuk dimulainya kembali implementasi JCPOA sesuai dengan manfaat perkembangan masalah nuklir Iran.

Profesor hubungan internasional di China Foreign Affairs University, Li Haidong menilai China bisa menjadi perantara perdamaian nuklir Iran.

"Hanya China yang dapat bertindak sebagai 'perantara perdamaian' dalam masalah nuklir Iran," katanya. "Terutama setelah China bertukar pikiran dengan AS di Alaska, kemudian dengan Rusia dan kemudian dengan Iran, dan tidak ada masalah internasional besar lainnya yang dapat dipisahkan dari partisipasi dan koordinasi China."

Iran dan China sama-sama dipandang oleh AS sebagai 'otokrasi', dan dalam hal ini, memperkuat koordinasi strategis dan saling mendukung juga akan menjadi prioritas kata Li.  Adanya kunjungan juga menunjukkan kepercayaan penuh Iran kepada China.

Selain masalah nuklir Iran, para ahli mengatakan perjalanan Wang akan menyuntikkan stabilitas ke Timur Tengah dan Iran, terutama setelah latihan bersama yang diadakan oleh angkatan laut AS, Prancis dan Belgia serta Pasukan Bela Diri Maritim Jepang di Laut Arab dan Teluk Oman, yang dapat dipandang sebagai tekanan militer terhadap Iran.

"Kami percaya China akan dengan tegas menjaga keadilan dan keadilan internasional, menentang unilateralisme dan perilaku penindasan, dan bekerja untuk penyelesaian politik dan diplomatik masalah nuklir Iran," kata Duta Besar Iran untuk China Mohammad Keshavarzzadeh pada Jumat (26/3).

Duta Besar mengatakan bahwa Iran selalu menghargai peran penting China dalam menegakkan JCPOA dan bersedia menjaga komunikasi yang erat dengan China, mematuhi multilateralisme sambil menentang unilateralisme, dengan sungguh-sungguh menjunjung tinggi JCPOA dan mempertahankan hak dan kepentingannya yang sah.

Sementara, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying mengatakan pada Selasa (23/3), negara-negara Timur Tengah senang melihat China memainkan peran yang lebih besar dalam urusan regional, dan China juga akan bertukar pandangan dengan negara-negara ini tentang masalah tersebut dan menyumbangkan kebijaksanaan untuk perdamaian di Timur Tengah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA