Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penulis Buku Anak Populer AS Beverly Cleary Meninggal Di Usia 104, Jill Biden Sampaikan Duka Cita

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 27 Maret 2021, 14:24 WIB
Penulis Buku Anak Populer AS Beverly Cleary Meninggal Di Usia 104, Jill Biden Sampaikan Duka Cita
Penulis buku anak-anak terkenal, Beverly Cleary/Net
rmol news logo Penulis buku anak-anak populer asal Amerika, Beverly Cleary  meninggal pada usia 104, pada Kamis (25/3) waktu setempat, di kediamannya di Carmel, California, tempat dia tinggal sejak 1960-an.

Kabar meninggalnya Cleary disampaikan oleh penerbit HarperCollins dalam sebuah pernyataan pada Jumat (26/3). Tidak ada penyebab kematian yang diberikan dalam pernyataan tersebut.

Mendiang Cleary pernah bercerita bahwa dia memiliki cita-cita menjadi penulis saat duduk di bangku kelas enam SD. Namun, Cleary tidak mulai menulis buku hingga awal usia 30-an ketika dia menulis Henry Huggins, yang diterbitkan pada tahun 1950, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (27/3).

Keinginannya untuk menulis terpicu saat dia menjadi pustakawan di Yakima, Washington, saat seorang bocah laki-laki bertanya kepada Cleary di mana dia bisa menemukan buku tentang "anak-anak seperti kita".

Cleary kemudian memutuskan bahwa dia ingin menulis tentang 'anak-anak kampung' , katanya kepada Los Angeles Times, daripada anak-anak sekolah dan perempuan Inggris yang tampaknya mendominasi bidang sastra anak-anak pada saat itu.

Itu mengarah pada 'Henry Huggins', bukunya yang bercerita tentang seorang anak laki-laki yang tumbuh di Klickitat Street di Portland, Oregon, tidak jauh dari jalan tempat tinggal Cleary sendiri. Akan ada enam buku tentang Henry dan anjingnya, Ribsy, tetapi selanjutnya dia akan dibayangi oleh Ramona Quimby, yang memulai sebagai karakter pendukung dalam buku-buku Henry dan akhirnya ditulis dalam delapan seri bukunya sendiri.

Diceritakan dalam bukunya, Ramona diceritakan sebagai gadis yang dewasa sebelum waktunya, bersemangat dan penuh dengan imajinasi. Semua tertuang dalam karyanya yang berjudul 'Ramona the Pest', 'Beezus and Ramona', 'Ramona the Brave' dan seri buku-buku lainnya.

Karya Cleary tidak menawarkan kisah heroik, pelajaran dalam hidup, atau petualangan besar. Sebaliknya, mereka berfokus pada kehidupan sehari-hari anak-anak, menceritakan kisah dengan humor yang pas untuk membuat pembaca muda tetap terlibat dan memiliki pemahaman yang cukup tentang bagaimana anak-anak melihat dunia. Dia tahu apa yang membuat pembacanya senang, takut, marah dan bingung.

"Jutaan gadis melihat diri mereka di Ramona Quimby. Terima kasih dari semua 'hama' di luar sana," tulis ibu negara AS Jill Biden di Twitter pada hari Jumat (26/3).

Cleary pernah mengatakan kepada New York Times bahwa dia beruntung memiliki ingatan yang kuat tentang masa kecilnya sendiri untuk digunakan dan bahwa dia juga menggunakan pengalaman saudara kembarnya sebagai inspirasi.

"Beverly dengan indah menangkap esensi masa kanak-kanak," kata penulis buku terlaris anak-anak Judy Blume kepada Times.

“Kita mungkin tidak semua memiliki masa kecil seperti itu, tapi masih ada sesuatu yang universal tentang itu. Saya pikir anak-anak akan selalu menyukai buku-buku itu," ujarnya.

Karya Cleary lainnya termasuk 'Ellen Tebbits', 'Otis Spofford', 'Lucky Chuck', 'The Mouse and the Motorcycle', serta dua memoar - My Own Two Feet' dan 'A Girl From Yamhill'. Buku-bukunya terjual lebih dari 85 juta eksemplar di seluruh dunia, kata HarperCollins.

“Buku-bukunya yang tak lekang oleh waktu adalah penegasan dari hubungannya yang abadi dengan kesenangan, tantangan, dan kemenangan yang menjadi bagian dari setiap masa kanak-kanak,” kata Suzanne Murphy, presiden dan penerbit HarperCollins Children's Books.

Pada tahun 1995 kota Portland menciptakan Taman Patung Beverly Cleary untuk Anak-anak, lengkap dengan patung Ramona, Henry dan Ribsy. Sebuah sekolah di kota juga dinamai Cleary.

Cleary menghabiskan tahun-tahun awalnya di sebuah pertanian di Yamhill, Oregon, sebelum keluarganya pindah ke Portland ketika dia berusia 6 tahun. Dia tidak banyak membaca sampai dia mencapai kelas tiga, katanya.

Library of Congress menyatakan Cleary sebagai 'legenda hidup' dan pada tahun 1984 ia memenangkan Newbery Medal, yang diberikan setiap tahun atas kontribusi paling terhormat untuk sastra anak-anak AS, untuk bukunya 'Dear Mr. Henshaw', sebuah novel tentang seorang anak laki-laki yang bergumul dengan orang tuanya 'perceraian karena dia berhubungan dengan penulis favoritnya.

Cleary, yang menulis buku terakhirnya pada 1999, bertemu dengan calon suaminya, Clarence Cleary, ketika dia menjadi mahasiswa di Universitas California. Dia meninggal pada tahun 2004 silam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA