Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Kritik Pelucuran Rudalnya, Korut: Biden Langgar Hak Kami Membela Diri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 28 Maret 2021, 07:32 WIB
AS Kritik Pelucuran Rudalnya, Korut: Biden Langgar Hak Kami Membela Diri
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un/Net
rmol news logo Ketegangan masih menyelimuti hubungan Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara. Pyongyang menganggap komentar Washington atas uji coba peluncuran rudalnya merupakan upaya provokasi.

Pejabat tinggi Korea Utara, Ri Pyong Chol mengatakan, kecaman Presiden AS Joe Biden atas uji coba dua rudal Pyongyang merupakan pelanggaran hak bernegara.

"Pernyataan seperti itu dari presiden AS merupakan pelanggaran tersembunyi pada hak negara kami untuk membela diri dan provokasi untuk itu," ujarnya dalam sebuah pernyataan yang disiarkan KCNA, Sabtu (27/3).

Ri juga menyayangkan komentar Biden yang menyebut peluncuran rudal merupakan pelanggaran terhadap resolusi PBB. Alih-alih, ia menyebut Biden telah melakukan tindakan permusuhan yang mendalam.

"Saya pikir pemerintahan baru AS jelas mengambil langkah pertama yang salah. Jika AS melanjutkan pernyataannya yang sembrono tanpa memikirkan konsekuensinya, AS mungkin akan menghadapi sesuatu yang tidak baik," tambah Ri.

Ia kemudian menegaskan bahwa Korea Utara siap untuk terus meningkatkan kekuatan militernya.

Dikutip dari AFP, Korea Utara telah melakukan uji coba peluncuran rudal balistik jarak pendek pada Kamis (25/3). Itu merupakan uji coba rudal pertama yang dilakukan oleh Pyongyang selama pemerintahan Biden. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA