Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Rendahkan Seorang Jurnalis Perempuan, Bolsonaro Dituntut Bayar Kompensasi Rp 50 Juta

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 28 Maret 2021, 08:11 WIB
Rendahkan Seorang Jurnalis Perempuan, Bolsonaro Dituntut Bayar Kompensasi Rp 50 Juta
Presiden Brasil Jair Bolsonaro/Net
Pengadilan di Brasil memerintahkan Presiden Jair Bolsonaro untuk memberikan kompensasi kepada seorang jurnalis perempuan karena telah membuat pernyataan yang merendahkan dirinya.

Pengadilan San Paulo menuntut Bolsonaro membayar 20 ribu reais atau setara dengan Rp 50 juta (Rp 2.500/reais) kepada reporter harian Folha De S. Paulo, Patricia Campos Mello.

Dari dokumen pengadilan yang dilihat oleh AFP pada Sabtu (27/3), hakim pada 16 Maret memutuskan bahwa Bolsonaro telah merusak kehormatan pelapor yang menyebabkan kerusakan moral.

Bolsonaro dapat mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Kasus tersebut merujuk pada pernyataan Bolsonaro pada Februari 2020. Ketika itu ia menyebut Campos Mello telah menawarkan seks kepada sumber dengan imbalan informasi negatif tentang dirinya.

Sebelumnya, Campos Mello menulis beberapa berita investigasi tentang sebuah organisasi yang memfitnah lawan Bolsonaro di WhatsApp selama kampanye pemilihan presiden 2018.

Pada 21 Januari, Campos Mello juga dianyatakan menang melawan putra Bolsonaro, Edouardo, yang diperintahkan untuk membayar 30 ribu reais sebagai kompensasi. Eduardo juga menuding Campos Mello mencoba merayu sumber untuk merusak informasi terhadap ayahnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA