Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasca Penangguhan, Hong Kong Tak Temukan Kebocoran Vaksin Pfizer-BioNTech

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 28 Maret 2021, 10:08 WIB
Pasca Penangguhan, Hong Kong Tak Temukan Kebocoran Vaksin Pfizer-BioNTech
Ilustrasi/Net
rmol news logo Sebuah penyelidikan yang dilakukan oleh Hong Kong menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech tidak memiliki faktor sistemik yang jelas terkait dengan masalah keamanan.

Pemerintah Hong Kong dan Makau pada 24 Maret mengumumkan penangguhan penggunaan vaksin Pfizer setelah menemukan sejumlah kemasan botol rusak.

Namun dalam pernyataan yang dirilis pada Sabtu malam (27/3), pemerintah kota mengatakan hasil penyelidikan tidak menutup kemungkinan bahwa situasi itu disebabkan oleh kondisi lingkungan selama proses transportasi jarak jauh.

Artinya, seperti dikutip CNA, kerusakan tidak terkait dengan rantai dingin dan manajemen logistik vaksin. Lantaran pengujian acak dari botol utuh yang dikirim ke Hong Kong tidak menemukan masalah kebocoran.

Baik Fosun maupun BioNTech menganggap vaksin tersebut tidak memiliki risiko keamanan dan masyarakat yang telah menerimanya sehingga tidak perlu khawatir.

Tetapi pemerintah mengatakan akan melakukan investigasi lainnya yang berfokus untuk memastikan integritas sifat intrinsik dari bets vaksin yang relevan, dan bahwa bets tersebut aman untuk digunakan.

Pemerintah mengatakan penyelidikan akan selesai dalam waktu seminggu untuk memungkinkan dimulainya kembali pasokan vaksin ke publik.

Hong Kong memulai program vaksinasi dengan dosis dari Sinovac pada Februari, kemudian menggunakan vaksin Pfizer pada Maret.

Vaksin Pfizer itu didistribusikan ke Hong Kong dan Makau melalui kemitraan  BioNTech dengan Fosun Pharma China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA