Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bersama Menhan Jepang, Prabowo Bahas Penanganan Sengketa Antarnegara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 29 Maret 2021, 16:58 WIB
Bersama Menhan Jepang, Prabowo Bahas Penanganan Sengketa Antarnegara
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi/Net
rmol news logo Sejumlah isu keamanan bilateral, regional, dan global menjadi pembahasan antara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi.

Kedua menhan itu melakukan pertemuan tatap muka pertamanya di Tokyo, Jepang, pada Minggu (28/3). Meski sudah ada berbagai pertemuan virtual yang dilakukan sebelumnya.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo menyampaikan pandangannya terkait dengan penanganan sengketa antarnegara yang diperlukan.

"Mengedepankan diplomasi dan dialog dalam menyelesaikan sengketa antarnegara, serta menegakkan supremasi hukum dalam menangani setiap sengketa," ujar Prabowo, seperti keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Selain itu, kedua menhan juga membahas situasi di Myanmar, di mana mereka menyatakan keprihatinan mendalamnya. Prabowo dan Kishi juga menegaskan niat kedua negara untuk bekerja sama dalam masalah tersebut.

Beberapa isu lain yang dibahas oleh kedua menhan adalah upaya peningkatan kerjasama pertahanan, termasuk dengan merealisasikan kunjungan Panglima TNI ke Jepang, melaksanakan dialog military to military, serta melanjutkan konsultasi kerjasama alutsista dan teknologi guna mengembangkan secara spesifik projek kerjasama.
 
Indonesia dan Jepang juga menyelenggarakan latihan bersama bilateral, mendukung kerjasama dan partisipasi Japan Self-Defense Forces (JSDF) dalam latihan multilateral “Komodo”, serta mempromosikan lebih lanjut kerjasama di bidang High Availability and Disaster Recovery, termasuk dalam penanggulangan Covid-19.
 
Keduanya juga menyambut baik diadakannya pertemuan “2+2” pada 30 Maret untuk pertama kalinya dalam lima tahun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA