Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Kesal Duta Besar AS Untuk Palau Kunjungi Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 30 Maret 2021, 06:44 WIB
China Kesal  Duta Besar AS Untuk Palau Kunjungi Taiwan
Negara Palau/Net
rmol news logo Kunjungan Duta Besar AS untuk Palau John Hennessey-Niland bersama dengan pemimpin nasional Palauan Surangel Whipps, Jr. ke Taiwan pada Minggu (28/3) menjadi sorotan pihak Tiongkok.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian dalam pernyataannya pada Senin (29/3) mengatakan bahwa China sangat menentang kunjungan duta besar AS tersebut ke Taiwan.

"Prinsip satu-China adalah fondasi politik hubungan China-AS. China dengan tegas menentang segala bentuk pertukaran resmi antara AS dan pulau Taiwan. Posisi ini konsisten dan jelas," katanya, seperti dikutip dari Global Times.

"Kami mendesak AS agar tidak mencoba melanggar garis bawah China, untuk menghindari kerusakan serius pada hubungan China-AS dan perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," lanjutnya.

Media lokal melaporkan, kunjungan tersebut akan berlangsung selama lima hari untuk memperdalam hubungan bilateral antara Taiwan dan Palau.

Hennessey-Niland adalah mantan penasihat Pasukan Korps Marinir AS di Pasifik yang telah menjadi pendukung 'hubungan diplomati' Palau dengan pulau Taiwan. Dia diangkat sebagai duta besar AS untuk Palau oleh Trump pada 2019.

Para pengamat mengatakan kunjungan tersebut menunjukkan bahwa pemerintahan AS saat ini sejalan dengan kebijakan Taiwan di bawah pemerintahan Trump, di mana AS meloloskan Undang-Undang Hubungan Taiwan yang melanggar prinsip satu-China.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA