Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Menuju Pemilu 2022, Presiden Bolsonaro Rombak Kabinet

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 30 Maret 2021, 09:49 WIB
Menuju Pemilu 2022, Presiden Bolsonaro Rombak Kabinet
Presiden Brasil, Jair Bolsonaro/Net
Presiden Brasil Jair Bolsonaro merombak pemerintahannya dengan mengubah enam anggota kabinet di tengah tekanan karena meningkatnya kasus Covid-19.

Enam anggota kabinet yang dirombak pada Senin (29/3) termasuk menteri luar negeri, menteri pertahanan dan kehakiman.

Dikutip AFP, Bolonaro mencopot Menteri Luar Negeri Ernesto Araujo karena masalah mengamankan vaksin Covid-19 lebih banyak. Sehingga ia menunjuk diplomat karir Carlos Fraca sebagai pengganti.

Bolsonaro juga menunjuk jenderal angkatan darat Luiz Eduardo Ramos sebagai kepala staf. Sementara kepala staf sebelumnya, Jenderal Walter Souza Braga Netto akan menempati posisi menteri pertahanan.

Komandan polisi Anderson Torres juga dipilih sebagai menteri kehakiman. Sedangkan menteri kehakiman sebelumnya, Andre Mendonca akan menjabat sebagai jaksa agung.

Selain itu, Bolsonaro menunjuk seorang wanita sebagai sekretaris pemerintah, yaitu anggota Kongres Flavia Arruda. Menjadikannya sebagai wanita ketiga dalam kabinet Bolsonaro yang berjumlah 22 orang.

Sepekan sebelumnya, Bolsonaro telah menggantikan mantan menteri kesehatan Eduardo Pazuello, seorang jenderal militer yang tidak memiliki pengalaman medis, dengan ahli jantung Marcelo Queiroga. Itu menjadi penunjukkan menteri kesehatan keempat kalinya selama pandemi.

Bolsonaro sendiri tengah menghadapi tekanan ketika berusaha mempertahankan kekuasaannya pada pemilihan umum Oktober 2022. Lantaran jumlah kematian harian akibat Covid-19 di Brasil meroket hingga empat kali lipat dari awal tahun menjadi 2.600 orang.

ARTIKEL LAINNYA