Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Biden Dekati Zelensky, Ingin Perbaiki Hubungan AS Dan Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 30 Maret 2021, 10:03 WIB
Biden Dekati Zelensky, Ingin Perbaiki Hubungan AS Dan Ukraina
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden/Net
rmol news logo Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berusaha untuk memperbaiki hubungan dengan Ukraina yang renggang di bawah kepemimpinan Donald Trump.

Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan dan Kepala Kantor Kepresidenan Ukraina membahas langkah-langkah yang ingin dilakukan oleh pemerintahan Biden untuk merevitalisasi kemitraan strategis dengan mendukung kebijakan Presiden Volodymyr Zelensky.

"Dia (Sullivan) menyampaikan komitmen pemerintahan Biden untuk merevitalisasi kemitraan strategis kami dalam mendukung rencana Presiden Volodymyr Zelenskyy untuk mengatasi korupsi dan mengimplementasikan agenda reformasi yang memberikan keadilan, keamanan dan kemakmuran bagi rakyat Ukraina," kata jurubicara Gedung Putih Emily Horne dalam sebuah pernyataan pada Senin (29/3).

Sullivan juga mengatakan bahwa AS akan terus mendukung kedaulatan Ukraina, integritas teritorial dan aspirasi Euro-Atlantik.

Pekan lalu, Zelensky menyetujui strategi keamanan militer baru yang menetapkan tujuan Ukraina untuk menjadi anggota NATO, serta mengakhiri "pendudukan" sementara sebagian wilayah Ukraina oleh Rusia.

Moskow telah menolak tuduhan bahwa mereka menduduki wilayah mana pun dan berulang kali mengatakan penduduk Krimea memutuskan untuk bergabung kembali dengan Rusia melalui referendum yang diselenggarakan sesuai dengan hukum dan standar internasional.

Hubungan Ukraina dan AS sendiri merenggang di bawah pemerintahan Trump setelah ia menuding Biden dan anaknya melakukan korupsi di Ukraina, sebagai upaya menghambat pemilihan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA