Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kongres Rakyat China Setujui Perombakan Sistem Pemilu Hong Kong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 30 Maret 2021, 15:27 WIB
Kongres Rakyat China Setujui Perombakan Sistem Pemilu Hong Kong
China rombak sistem pemilu Hong Kong/Net
rmol news logo Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional China telah menyetujui perombakan sistem pemilu Hong Kong pada Selasa (30/3), di mana Beijing bisa memilih lebih banyak perwakilan di legislatif kota tersebut.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Politisi senior di Hong Kong, Mari Tam mengungkap, Komite Pemilihan Hong Kong, yang bertugas memilih kepala eksekutif kota, dapat memilih 40 perwakilan dari total anggota legislatif.

Dengan begitu, jumlah perwakilan yang dipilih langsung menurun dari 35 menjadi 20. Jumlah anggota juga akan bertambah dari 70 menjadi 90.

Beijing juga akan meningkatkan jumlah Komite Pemilihan dari 1.200 menjadi 1.500, sebagai bagian dari restrukturisasi, seperti dikutip Reuters.

China mengatakan perombakan dilakukan untuk menghilangkan celah dan kekurangan yang mengancam keamanan nasional.

Langkah-langkah tersebut adalah perombakan paling signifikan dari struktur politik Hong Kong sejak kembali ke pemerintahan China pada 1997.

Zhang Xiaoming dari Kantor Urusan Hong Kong dan Makau mengatakan bahwa rencana China untuk reformasi pemilu di Hong Kong, ditambah dengan pemberlakuan UU keamanan nasional, merupakan "kombinasi pukulan" untuk menghentikan aksi demonstrasi pro-demokrasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA