Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketegangan Di Perbatasan Ukraina, NATO: Rusia Merusak Perdamaian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 02 April 2021, 11:37 WIB
Ketegangan Di Perbatasan Ukraina, NATO: Rusia Merusak Perdamaian
Kelompok separatis pro-Rusia menguasai wilayah Donetsk di deka Donbass/Reuters
rmol news logo Ketegangan di perbatasan Ukraina ikut menarik perhatian Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Terlebih aliansi tersebut memang sedang meningkatkan kewaspadaan atas agresivitas Rusia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Seorang pejabat NATO pada Kamis (1/4) menyatakan keprihatinan atas meningkatnya kehadiran militer Rusia di dekat perbatasan Ukraina. Ia menyebut langkah Moskow telah merusak perdamaian.

"Sekutu berbagi keprihatinan mereka tentang kegiatan militer skala besar Rusia baru-baru ini di dan sekitar Ukraina. Sekutu juga prihatin dengan pelanggaran Rusia terhadap gencatan senjata Juli 2020 yang menyebabkan empat tentara Ukraina meninggal pekan lalu," ujar pejabat tersebut, seperti dikutip Reuters.

"Tindakan mendestabilisasi Rusia merusak upaya untuk menurunkan ketegangan," tambahnya.

Intelijen militer Ukraina menyebut Rusia meningkatkan eksistensi militernya di wilayah timur Donetsk dan Lugansk yang dikuasai oleh separatis.

Dalam sebuah pernyataan, dinas intelijen mengatakan tidak mengesampingkan upaya pasukan Rusia untuk bergerak jauh ke dalam wilayah Ukraina.

Seorang pejabat tinggi pemerintah Ukraina menyebut Rusia melakukan koordinasi militer dengan separatis. Ia menyebut Rusia bersiap untuk melakukan serangan terhadap Ukraina pada pertengahan April. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA